Penulis Utama : Deyana Firdhausya Nurazmimar
NIM / NIP : E0016122
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis permasalahan lansia di Indonesia, pertama bentuk perlindungan lansia di BRSLU Budhi Dharma Bekasi dilihat dari Undang-Undang Kesejahteraan Lansia. Kedua dan pengaturan hukum keluarga di Indonesia dalam permasalaahn lansia sudah cukup kah untuk melindungi lansia di Indonesia.
Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptis. Jenis data primer dan data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pihak yang bersangkutan, observasi tempat penelitian, dan studi dokumentasi kepustakaan mengenai permasalahan yang terkait.    Selanjutnya Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan serta menggambarkan data dan fakta yang dihasilkan dari penelitian
Perlindungan bagi lansia yang diberikan pemerintah dilakukan melalui pemberian pelayanan sosial seperti yang diatur dalam Undang-Undang Kesejahteraan Lansia.  Pelayanan sosial yang diberikan dapat dilakukan melalui pelayanan di dalam panti dan pelayanan di luar panti. Hasil dari penelitian hukum ini menunjukan bahwa peraturan hukum di Indonesia mengenai lansia yang diatur dalam Undang-Undang No.13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, KUH Perdata, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, dan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga   masih belum melindungi kesejahteraan lansia secara penuh. Undang- Undang Kesejahteraan Lansia dimana dalam pengaturannya terdapat beberapa kekurangan seperti dalam hal wewenang kewajiban antara pemerintah pusat dan
pemerintah daerah yang menjadi hambatan dalam  pelaksanaan pelayanan sosial lansia. Serta hukum keluarga di Indonesia belum benar-benar melindungi hak-hak lansia dan diperlukan peninjauan lebih lanjut mengenai permasalahan lansia di Indonesia dan pengaturannya.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Lansia, Pelayanan Sosial, Panti

 

×
Penulis Utama : Deyana Firdhausya Nurazmimar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016122
Tahun : 2020
Judul : Perlindungan Hukum Terhadap Lansia Ditinjau Dalam Hukum Keluarga di Indonesia (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Sosisal Lanjut Usia Budhi Dharma Bekasi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum - E0016122 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ambar Budhisulistyawaty, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.