Penulis Utama : Delviana Gulo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Relevansi nilai akrual dengan pendekatan terintegrasi : hubungan nonlinear (studi empiris pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300026-2005
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan nonlinier antara akrual yaitu akrual kejutan (unexpected accruals) dengan return saham. Hipotesis (H1) yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan nonlinier antara akrual dengan return saham.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian empiris. Populasi yang diteliti adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Metode purposive sampling digunakan untuk mengambil 41 sampel. Uji asumsi klasik dilakukan dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas menggunakan Jarque-Bera (JB) Test of Normality, uji linieritas menggunakan scatterplot, uji heteroskedastisitas menggunakan White Heteroskedasticity test, uji autokorelasi menggunakan Durbin-Watson test. Hipotesis diuji dengan model regresi  NLS (Non Linier Least Square).

Hasil uji normalitas menunjukkan sampel tidak berdistribusi normal, tetapi dengan menggunakan asumsi central limit theorem maka distribusi sampel ditaksir mendekati normal. Hasil uji linieritas menunjukkan bahwa garis regresi sampel tidak linier atau persamaan regresinya berbentuk nonlinier. Hasil uji heteroskedastisitas tidak menemukan adanya gejala heteroskedastistas, kecuali pada tahun 1999, maka tindakan perbaikan yang dilakukan adalah dengan menggunakan White’s Heteroskedasticity-Consistent Variances and Standard Errors. Hasil uji autokorelasi menunjukkan tidak terjadi autokorelasi, kecuali pada tahun 2000, maka tindakan perbaikan yang dilakukan adalah mencari nilai derivatif variabel dependen kemudian diregres dengan variabel independen.

Hasil pengujian hipotesis (H1) menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel independen akrual yaitu akrual kejutan (unexpected accruals) secara statis tidak signifikan baik sebelum, saat, dan setelah publikasi laporan keuangan. Hasil ini tidak mendukung H1 yang mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan nonlinier antara akrual dengan return saham, kecuali pada tahun 2000 (V16) koefisien regresi variabel independen akrual signifikan, maka H1 diterima.

Nilai R2 (R-squares) selama periode pengamatan (1999-2002) mengalami perubahan. Hal ini mengindikasikan bahwa relevansi nilai informasi akrual dari tahun ke tahun mengalami perubahan, baik pada saat publikasi laporan keuangan maupun sebelum dan setelah publikasi laporan keuangan. Pada tahun 1999-2001 informasi akrual lebih memiliki relevansi nilai sebelum publikasi laporan keuangan daripada saat dan setelah publikasi laporan keuangan, sedangkan pada tahun 2002 informasi akrual lebih memiliki relevansi nilai setelah publikasi laporan keuangan daripada sebelum dan saat publikasi laporan keuangan. 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis