Penulis Utama : Eduard Welly Budiardjo
NIM / NIP : I0116037
×

ABSTRAK

 

Eduard Welly Budiardjo, 2020, Analisis Defleksi dan Tahanan Lateral Ultimate Akibat Beban Lateral Pondasi Tiang Pancang Tunggal Tipe Panjang Ujung Bebas pada Tanah Lempung, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk relatif tinggi. Jumlah penduduk yang tinggi berdampak pada keterbatasan lahan untuk hunian yang menuntut pembangunan ke arah vertikal (bangunan tinggi). Bangunan tinggi memerlukan perencanaan yang matang, terutama pada bagian pondasi. Pondasi tiang merupakan salah satu jenis pondasi dalam yang digunakan pada bangunan dengan lapisan tanah keras cukup dalam. Pondasi tiang diharapkan mampu menahan beban akibat gaya aksial dan lateral yang berasal dari struktur atas. Perencanaan pondasi tiang dalam menahan beban lateral yang perlu diperhatikan adalah tiang harus mampu memikul momen lentur, tanah harus mampu mendukung beban, defleksi lateral masih dalam batas yang diizinkan. 

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh diameter tiang pancang terhadap kapasitas tahanan lateral dan defleksi pada ujung pondasi tiang pancang tunggal kondisi ujung bebas (free-end-pile). Variasi diameter tiang pancang yang digunakan pada penelitian ini adalah 40 cm, 50 cm, dan 60 cm. Metode yang digunakan untuk menghitung kapasitas tahanan lateral serta defleksi tiap kedalaman untuk menentukan titik jepit saat dikenai beban ultimate menggunakan Metode Beda Hingga (MBH) dan Metode Elemen Hingga (MEH). Hasil analisis defleksi ujung pondasi kemudian diinterpretasi menggunakan metode Sharma (1990) untuk mengetahui nilai tahanan lateral ultimate pondasi.  

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar diameter tiang pancang pada pondasi TL1 dan pondasi TL2 menghasilkan tahanan lateral ultimate yang semakin besar pula, baik itu pada MBH maupun MEH. Sedangkan untuk penentuan titik jepit, semakin besar diameter tiang pancang maka titik jepit tiang pancang akan semakin dalam.

 

Kata kunci : pondasi tiang pancang, beban lateral, tahanan ultimate, titik jepit  

×
Penulis Utama : Eduard Welly Budiardjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116037
Tahun : 2020
Judul : Analisis Defleksi Dan Tahanan Lateral Ultimate Akibat Beban Lateral Pondasi Tiang Pancang Tunggal Tipe Panjang Ujung Bebas Pada Tanah Lempung Deflection And Ultimate Lateral Resistance Analysis Due To Lateral Load Of Single Long Free-Ended Pile Foundation On Clay
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116037 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Setiawan S.T., M.T
2. Yusep Muslih Purwana, S.T., M.T., P.hD.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.