Penulis Utama : Fajar Julian Santosa
NIM / NIP : H0416025
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan peranan modal sosial, peran stakeholder, dan impact dari pengelolaan kandang komunal di Padukuhan Kulwaru Wetan, Desa Kulwaru, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dilakukan dengan indepth interview secara purposive dan snowball. Adanya modal sosial dalam pengelolaan kandang komunal di Padukuhan Kulwaru Wetan memiliki peran yang sangat penting. Modal sosial membentuk nilai-nilai sosial dalam masyarakat seperti kepercayaan, norma, relasi sosial, gotong-royong yang memberikan hubungan ikatan yang kuat di dalam masyarakat. Hal ini dapat ditandai dengan masih
eksistensinya kandang komunal setelah ± 8 tahun berjalan. Adanya kerjasama dengan
stakeholder (pemerintahan, universitas, lembaga lain) memberikan dampak yang sangat
signifikan dalam pengembangan dan pembangunan kandang komunal karena memberikan percepatan, kemudahan akses, dan terciptanya inovasi-inovasi baru yang dapat mengatasi permasalahan di Desa Kulwaru, khususnya dalam pengelolaan kandang komunal. Selain itu, adanya kandang komunal yang di bangun pada tahun 2012 lalu, memberikan impact yang sangat signifikan bagi masyarakat, seperti lingkungan yang lebih tertata dan bersih, tingkat kesehatan meningkat (baik manusia maupun ternak), kesejahteraan masyarakat meningkat karena banyaknya keuntungan berternak di kandang komunal, dan meningkatnya tingkat sosial masyarakat karena adanya interaksi masyarakat yang meningkat.

×
Penulis Utama : Fajar Julian Santosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416025
Tahun : 2020
Judul : Modal Sosial dalam Pengelolaan Peternakan Sapi Komunal Desa Kulwaru, Kecamatan Wates (Studi Kasus Kandang Sapi Komunal Desa Kulwaru)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0416025 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S
2. Dr. Agung Wibowo, S.P, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.