Penulis Utama : Sri Sularti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0816123
Tahun : 2021
Judul : Analisis Usaha Olahan Singkong pada UMKM Sijarwo Desa Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Agribisnis - H0816123 - 2021
Subyek : ANALISIS USAHA, OLAHAN SINGKONG, UMKM SIJARWO, WONOREJO, JATIYOSO, KARANGANYAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitis. Penelitian ini dilakukan di UMKM Sijarwo yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Penentuan daerah sampel dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang digunakan adalah data pimer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pencatatan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis keuntungan dengan menghitung biaya, penerimaan, dan keuntungan;analisis efisiensi usaha dengan menghitung R/C rasio dan B/C rasio; dan analisis kelayakan dari aspek non finansial dengan aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, dan aspek hukum.
Hasil penelitian menunjukkan biaya total usaha olahan singkong pada UMKM Sijarwo (singkong keju dan gethuk frozen) bulan Februari 2020 adalah Rp23.768.496,-, penerimaan usaha sebesar Rp46.436.000,-, dan keuntungan usaha sebesar Rp22.667.504,-, nilai efisiensi usaha dihitung dengan R/C rasio singkong keju sebesar 1,37 sedangkan gethuk frozen sebesar 2,60 sedangkan dihitung dengan B/C rasio, efisiensi usaha singkong keju sebesar 0,37 dan gethuk frozen sebesar
1,60. Dalam aspek pasar, UMKM Sijarwo ini layak untuk diusahakan karena ada peluang bagi UMKM Sijarwo untuk mengembangkan usahanya. Dalam aspek teknis, UMKM Sijarwo layak untuk diusahakan karena ketersediaan bahan baku dan penolong dalam jumlah cukup dan kontinyu, pemilihan alat dan mesin produksi cukup membantu proses produksi, layout perusahaan mempermudah proses produksi. Dalam aspek manajemen, UMKM Sijarwo layak diusahakan karena pembagian tugas atau kerja sudah terstruktur. Dalam aspek hukum, UMKM Sijarwo dapat dikatakan layak untuk diusahakan karena sudah memiliki ijin usaha.
Adapun saran untuk UMKM Sijarwo yaitu sebaiknya melakukan perbaikan dalam proses produksi singkong keju seperti membuat tampilan singkong keju lebih menarik sehingga penjualan meningkat, contohnya memberi varian rasa. Saran lainnya yaitu peningkatan kapasitas mesin  sealer dan mesin penggiling untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pengemasan produk baik singkong keju maupun gethuk frozen. Harapan bagi pelaku usaha yaitu mengikuti kegiatan- kegiatan pelatihan akuntansi yang dapat mendukung pemahaman dalam penyajian laporan keuangan. Saran yang dapat diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Karanganyar yaitu agar pemerintah mengadakan pelatihan mengenai pengelolaan UMKM dan pengembangan usaha.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohd. Harisudin, M.Si.
2. Raden Rara Aulia Qonita S.P., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian