Penulis Utama : Andhega Besti Pratamesthika
NIM / NIP : H3117005
×

Egg roll merupakan salah satu makanan ringan yang termasuk dalam kue kering. Ciri khas dari egg roll yaitu mempunyai rasa yang gurih, renyah dan berbentuk gulungan utuh yang berlubang. Pada penelitian ini bekatul dapat dimanfaatkan untuk membuat egg roll karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga dapat dijadikan makanan fungsional. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui proses pembuatan, daya terima, karakterisitik kimia dan menghitung kelayakan ekonomi egg roll bekatul.
Formulasi bekatul yang digunakan dalam penelitian yaitu bekatul 30%,
50%   dan   70%.   Untuk   mengetahui   daya   terima   karakterisitik   egg   roll menggunakan  uji  kesukaan  (hedonik)  dengan  parameter  warna,  aroma,  rasa, tekstur  dan  overall  yang  dilakukan  oleh  30  panelis.  Data  hasil  penelitian kemudian dianalisis menggunakan Anova dan dilanjutkan dengan uji beda nyata Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan signifikansi ?=0,05. Analisis data ini menggunakan software SPSS versi 20. Analisis kimia egg roll bekatul meliputi uji proksimat, serat kasar dan aktivitas antioksidan. Perhitungan analisis ekonomi meliputi B/C Ratio, IRR, ROI dan BEP.
Proses pembuatan egg roll bekatul meliputi penimbangan, pencampuran bahan, pemanggangan, pencetakan, pengovenan dan pengemasan. Dari hasil olah data SPSS, formulasi yang paling disukai oleh panelis yaitu 70% penggunaan bekatul. Hasil analisis kimia egg roll bekatul menunjukkan kadar air 3,23%, abu
3,49%, lemak 28,66%, karbohidrat 6,74%, serat kasar 48,40% dan aktivitas antioksidan 60,54%. Berdasarkan perhitungan analisis ekonomi yang dilakukan didapatkan hasil IRR sebesar 77% dan Net B/C Ratio yaitu 1,10 yang menunnjukkan bahwa usaha layak untuk dijalankan karena nilai DF1>IRR>DF2 dan nilai B/C Ratio >1.

 

×
Penulis Utama : Andhega Besti Pratamesthika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3117005
Tahun : 2020
Judul : Pembuatan Egg Roll Bekatul Sebagai Pengembangan Pangan Fungsional
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS - Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Teknologi Hasil Pertanian - H3117005 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R. Baskara Katri Anandito, S.TP., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.