Penulis Utama : Afiffuddin Nur Faizi
NIM / NIP : F3417003
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perhitungan dan pemotongan pajak penghasilan usaha jasa konstruksi pada Disperum  KPP kota Surakarta berdasarkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2008 sebagaimana telah diubah dengan PP No 40 tahun 2009 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha Jasa Konstruksi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan pengambilan data sekunder. Wawancara dilakukan kepada bagian bendahara Disperum KPP kota Surakarta. Data sekunder  yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perhitungan dan pemotongan PPh Pasal 4 ayat (2) Usaha Jasa Konstruksi yang tercantum dalam PMK No 231/PMK.03/2019 dan Data Penghasilan Usaha Jasa Konstruksi Disperum KPP Kota Surakarta masa pajak Desember 2019.

Hasil dari penelitian ini adalah Disperum KPP Kota Surakarta atas usaha jasa konstruksi dapat dikatakan sudah mengacu pada Peraturan Pemerintah tetapi ternyata   masih   terjadi   kesalahan   pada   besarnya   pemotongan   tarif   Pajak Penghasilan  pada  salah  satu  kasus  yang  terdapat  di  Disperum  KPP   Kota Surakarta. Kurangnya pelatihan dan ketelitian dalam pegawai khususnya bagian perpajakan sangat berpengaruh penting bagi tingkat pendapatan maupun laba dan rugi.

 

Kata kunci : Pajak Penghasilan, Jasa Konstruksi

 

×
Penulis Utama : Afiffuddin Nur Faizi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417003
Tahun : 2020
Judul : Analisis Perhitungan dan Pemotongan Pajak Penghasilan Usaha Jasa Konstruksi pada Disperum KPP Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS - Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Perpajakan - F3417003 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E.,M.M.,AK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.