Penulis Utama : Ardita Almira Rahma
NIM / NIP : E0017067
×

Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah   untuk   mengetahui   permasalahan-
permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan pendaftaran merek dagang oleh pelaku UMKM  Handicraft di Kota Surakarta  dan  solusi  untuk  mengatasi  permasalahan- permasalahan dalam pendaftaran merek dagang agar dapat mendorong pelaksanaan pendaftaran merek dagang pelaku UMKM Handicraft di Kota Surakarta.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data pada penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh secara langsung dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari hasil telaah kepustakaan. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder menggunakan teknik mengunduh dan mengoleksi bahan hukum yang diperlukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendaftaran merek dagang oleh pelaku UMKM Handicraft di Kota Surakarta belum efektif dan tergolong rendah. Terdapat beberapa permasalahan yang menjadi penyebab pelaku UMKM Handicraft di Kota Surakarta tidak segera mendaftarkan merek dagangnya yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pendaftaran merek, kesulitan dalam mengurus pendaftaran merek, kesamaan dengan merek terdaftar, ketakutan mereknya ditolak, biaya pendaftaran merek yang mahal dan ketidaktahuan adanya peran dari dinas terkait pendaftaran merek. Kemudian terdapat beberapa solusi dari dinas-dinas terkait di Kota Surakarta atas permasalahan tersebut yaitu dengan diselenggarakannya sosialisasi, pembinaan dan program fasilitasi pendaftaran merek.

Kata Kunci: Pendaftaran merek; Pelaku usaha mikro kecil dan menengah; handicraft.

 

×
Penulis Utama : Ardita Almira Rahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017067
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Pendaftaran Merek Dagang Handicraft pada Kalangan Pelaku UMKM di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum - E0017067 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. . M. Hudi Asrori S S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.