Penulis Utama : Livia Azzura Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017271
Tahun : 2021
Judul : Problematika Penggunaan Teknologi Blockchain di Sektor Industri Jasa Keuangan Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum - E0017271 - 2021
Subyek : BLOCKCHAIN; INDUSTRI JASA KEUANGAN; PROBLEMATIKA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika hukum pemanfaatan teknologi Blockchaindalam industri jasa keuangan di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis urgensi pembentukan peraturan perundang-undangan tentang teknologi Blockchain di sektor industri jasa keuangan Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan peraturan perundang-undangan (statute approach). Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Penulisan hukum ini menggunakan teknik analisis bahan hukum dengan metode silogisme melalui pola pikir deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi Blockchain sudah dimanfaatkan dalam beberapa sektor industri jasa keuangan di Indonesia. Namun, pemanfaatan teknologi Blockchain masih meninggalkan beberapa ruang persoalan. Dari aspek hukum beberapa persoalan tersebut diantaranya belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai Blockchain, risiko dan isu hukum pemanfaatan teknologi Blockchain untuk Financial Crime serta belum optimalnya pengawasan penggunaan teknologi Blockchain. Kondisi ini tentunya menimbulkan risiko serius terkait keamanan transaksi, data breach (kebocoran data pribadi) dan stabilitas sistem moneter. Berkaitan dengan hal tersebut, penggunaan teknologi Blockchain memiliki urgensi untuk diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Kata Kunci :Blockchain; industri jasa keuangan; problematika.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dona Budi Kharisma S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum