Penulis Utama : Fiki Pramita Septi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717010
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Kinerja Sistem Drainase pada Jalan Ir Sutami, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil-I8717010-2020
Subyek : SISTEM DRAINASE
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kota Surakarta mengalami perkembangan pesat salah satunya dari segi infrastruktur. Pembangunan infrastruktur jalan harus di iringi dengan pembangunan drainase karena kegunaan saluran drainase untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan  air dari  suatu  kawasan,  mengeringkan  daerah  becek  dan  genangan, mengendalikan erosi tanah, menampung air, mengalirkan air, dan mengendalikan air hujan yang berlebihan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengatasi genangan dengan penataan saluran drainase di jalan Ir. Sutami (Sta 0+15 - Sta 0+30), Jebres, Kota Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah metode yang menjelaskan fenomena yang ada menggunakan angka atau kuantitatif diasosiasikan dengan analisis statistik untuk mencadarkan karakteristik individu/kelompok. Tahapan pelaksanaan dalam penelitian adalah survey lokasi penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan berdasarkan hasil analisis untuk pengambilan keputusan dan kesimpulan.

Kondisi eksisting saluran drainase berbentuk persegi terbuat dari beton, genangan disebabkan oleh sampah, sedimen, alih fungsi lahan, ruas sebagian jalan yang elevasinya rendah, dan penyumbatan di hilir. Kinerja sistem drainase tidak bekerja dengan baik karena tidak mampu menampung dan mengalirkan air, terjadinya genangan, dan berdasarkan perhitungan debit rencana (QT) sebesar 0,604 m3/dt lebih besar dari debit saluran (QS) untuk Sta 0+15 sebesar 0,598 m3/dt dan (QS) untuk Sta 0+30 sebesar 0,493 m3/dt maka kapasitas saluran eksisting tidak mampu mengalirkan debit air hujan QT. Solusi permasalahan adalah membersihkan sampah, pengerukan sedimen, pengelolaan kebijakan pembatasan pembangunan pada lahan resapan air, pembongkaran sumbatan di hilir saluran, dan pelebaran dimensi saluran. Rencana dimensi saluran yang digunakan adalah lebar saluran = 0,90 m dan  tinggi saluran = 0,90 m dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 16.078.308.

Kata Kunci : Jalan Ir.Sutami, Saluran Drainase, Genangan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Hari Wahyudi, M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik