Penulis Utama : Artha Sintya
NIM / NIP : B0116015
×

Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan pemanfaatan aspek-aspek bunyi  bahasa  permainan  tradisional  anak-anak  perempuan  pada  teks Meisjesspelen. 2) Mendeskripsikan diksi (pilihan kata) dalam permainaan anak- anak perempuan pada teks Meisjesspelen. 3) Mendeskripsikan gaya bahasa yang terkandung dalam permainan tradisional anak-anak perempuan pada teks Meisjesspelen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian   dasar yang memiliki taraf deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini adalah bahasa dalam teks  Meisjesspelen.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan 1)  Pemanfaatan atau pemilihan  bunyi-bunyi  bahasa   yang   dipergunakan  dalam  BJDPTAAPDTM ditemukan adanya (a) purwakanthi swara (asonansi) berupa vokal /a/, /i/, /u/, /e/, /o/  dan /ê/,  (b)  purwakanti  sastra  (aliterasi)  yang paling  produktif digunakan adalah bunyi konsonan [l], [k], dan [r], (c) purwakanthi basa atau lumaksita yaitu perulangan bunyi berdasarkan persamaan kata, suku kata akhir dengan suku kata awal yang berurutan untuk memberikan kesan estetis. 2) Pemilihan kata (diksi) dalam BJDPTAAPDTM untuk menciptakan dan membangun bahasa yang indah dan   estetis,   sangat   produkif   yaitu   digunakannya   tembung   rangkep   atau reduplikasi,  antonim,  sinonim,  kosakata bahasa Indonesia,  kosakata kawi,  dan afiksasi. 3) Pemakaian gaya bahasa yang terdapat dalam BJDPTAAPDTM  adalah (1) gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yaitu a) repetisi yang dibagi menjadi dua,  yakni  epizueksis  dan  anaphora,  (2)  gaya  bahasa  berdasarkan  langsung tidaknya makna yaitu a) aliterasi, b) asonansi, c) anastrof, d) erotesis, (3) gaya bahasa kiasan yakni a) simile, b) personifikasi, dan c) eponym. Pemakaian gaya bahasa memberikan kesan yang lebih indah dan estetis.

Kata kunci: teks Meisjesspelen, aspek bunyi bahasa, diksi, gaya bahasa.

 

×
Penulis Utama : Artha Sintya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116015
Tahun : 2021
Judul : Bahasa Jawa Dalam Permainan Tradisional Anak-Anak Perempuan pada Teks Meisjesspelen (Kajian Stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116015 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.