Penulis Utama : Rizky Rhomdana Trijaya Pranata
NIM / NIP : B0116053
×

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah sejarah dari awal konstruksi pembangunan Masjid Makam Menara Kudus ?; (2) Bagaimanakah bentuk satuan lingual leksikon arsitektur Masjid Makam Menara Kudus ?; (3) Bagaimanakah ekspresi verbal dan nonverbal yang terkandung pada leksikon arsitektur Masjid Makam Menara Kudus ?.

Tujuan penelitian ini adalah, (1) Memaparkan sejarah awal pembangunan Masjid Makam Menara Kudus; (2) Mendeskripsikan bentuk satuan lingual leksikon komponen pembentuk Masjid Makam Menara Kudus, serta;  (3) Mendeskripsikan ekspresi verbal dan nonverbal yang terkandung pada leksikon komponen pembentuk Masjid Makam Menara Kudus.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan bentuk satuan lingual serta mendeskripsikan ekspresi verbal dan nonverbal yang terkandung pada leksikon arsitektur Masjid Makam menara Kudus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi secara langsung ke lokasi objek penelitian, simak, dan cakap. Tekknik lanjutan rekam dan catat digunakan saat wawancara dengan infroman. Data dalam penelitian ini berupa bentuk cerita sejarah serta kosa kata mengenai arsitektur masjid makam menara Kudus. Data primer dalam penelitian ini berupa data lisan dari hasil wawancara dengan informan terpilih dan informan kunci. Kemudian data sekunder penelitian ini berupa data tulis yang bersumber dari catatan mengenai sejarah pembangunan, kosa-kata, penjelasan  yang berkaitan  dengan  catatan  semantik,  artikel,  buku  referensi,  buku bacaan, laporan penelitian, makalah, serta dokumen lainnya yang terkait dengan tema penelitian. Analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan. Metode distribusional dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) digunakan untuk mencari satuan lingual datanya yang berupa bentuk monomorfemis dan polimorfemis, sedangkan metode padan digunakan untuk menganalisis makna leksikal dan kultural. Penyajian hasil analisis menggunakan metode formal dan informal.

Hasil penelitian ini berupa sejarah pembangunan konstruksi masjid, bentuk kata dalam penelitian ini terdapat 21 bentuk monomorfemis, kemudian terdapat 8 bentuk polimorfemis yang terdiri dari 3 kata jadian, 1 kata ulang, serta 1 kata majemuk, sedangkan sisanya terdapat 14 yang berbentuk frasa. Makna yang terdapat dalam arsitektur masjid makam ini merupakan makna leksikal dan kultural. Makna leksikal adalah makna dasar yang ada pada kata tersebut, sedangkan makna kultural yaitu makna dari arsitektur masjid makam menara Kudus ini mempunyai hubungan dengan kebudayaan masyarakat sekitar lingkungan masjid makam.

Kata Kunci: Ekspresi verbal dan nonverbal, arsitektur masjid makam, menara Kudus, Etnolinguistik.

 

×
Penulis Utama : Rizky Rhomdana Trijaya Pranata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116053
Tahun : 2020
Judul : Ekspresi Verbal dan Nonverbal Arsitektur Masjid Makam Menara Kudus (Suatu Kajian Etnolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116053 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wakit Abdullah, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.