Penulis Utama : Nur Madinatul Wahidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216043
Tahun : 2020
Judul : Peran Penerbit Buku Mojok dalam Produksi dan Distribusi Karya Sastra (Tinjauan Sosiologi Robert Escarpit)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216043 - 2020
Subyek : PENERBIT, PRODUKSI, DISTRIBUSI, KARYA SASTRA, SOSIOLOGI SASTRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini, yakni semakin berkembangnya penerbitan dalam memproduksi karya sastra dengan jaminan kualitas dan berkembangnya selera masyarakat dalam konsumsi sehari-hari. Kemajuan zaman membuat setiap penerbit melakukan distirbusi produk dengan mudah, sekaligus membuat pembaca mendapatkan buku bacaan dengan cara yang efisien.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kegiatan produksi karya sastra di penerbit Buku Mojok?  2) bagaimana kegiatan distribusi karya sastra di penerbit Buku Mojok? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bagaimana kegiatan produksi karya sastra di penerbit Buku Mojok,  2) mendeskripsikan bagaimana kegiatan distribusi karya sastra di penerbit Buku Mojok. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan teknik catat. Data berupa kegiatan produksi dan distribusi di penerbit Buku Mojok dan karya sastra yang diterbitkan Buku Mojok. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari artikel, jurnal ilmiah, dan wawancara dengan Pimpinan Redaksi penerbit Buku Mojok.
Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) penerbit Buku Mojok dalam melakukan kegiatan produksi, melalui berbagai tahapan yang selektif mulai dari naskah masuk hingga diputuskan cetak, 2) penerbit Buku Mojok menyeleksi naskah berkualitas dengan melihat tema, segmantasi pembaca, hingga penulis, 3) Buku Mojok melakukan pendistuibusian karya sastranya, dengan melalui distributor seperti mojokstrore, reseller, melalui toko buku, dan memanfaatkan media sosial, 4) Buku Mojok berupaya dalam melakukan promosi dan distribusi dengan melakukan kreasi seperti bedah buku, diskusi, dan bazar buku.  

Kata kunci : Penerbit, Produksi, Distribusi, Karya Sastra, Sosiologi Sastra

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., M.A.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya