Penulis Utama : Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216054
Tahun : 2020
Judul : Representasi Identitas dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 (2015) karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Pascakolonial
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216054 - 2020
Subyek : IDENTITAS, MODERNITAS, NEOKOLONIALISME, PASCAKOLONIAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini mencangkup tiga hal, yakni: (i) Mengetahui tata naratif teks Ayat-Ayat Cinta 2 dalam merepresentasikan Islam, (ii) Mengetahui wacana keislaman subjek dalam menghadapi arus modernitas atau globalisasi, dan (iii) Mengetahui strategi subjek dalam ruang  perjumpaan dengan wacana modernitas atau neokolonialisme.
Data primer pada penelitian ini berupa tata naratif teks novel Ayat-Ayat Cinta 2 yang merepresentasikan Islam. Data sekunder pada penelitian ini adalah segala bentuk informasi mengenai latar belakang kehidupan Habiburrahman El Shirazy. Sumber data primer yang digunakan adalah novel Ayat-Ayat Cinta 2. Sumber data sekunder berasal dari internet dan biografi penulis dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan mencatat. Metode interpretasi data dilakukan dengan menunjukkan wacana-wacana melalui oposisi-oposisi yang ada dalam teks.
Simpulan pada penelitian ini adalah: (i) Gagasan yang dimiliki subjek merupakan gagasan mengenai identitas keislaman yang dikenalkan di Indonesia dan keislaman yang dihadapkan pada wacana modernitas atau globalisasi, (ii) Kesempurnaan identitas dengan mendekatkan diri pada budaya dan tradisi asing menimbulkan sifat ambigu dan polisemi karena subjek juga terjebak pada lokalitas dirinya sebagai orang Timur, (iii) Gagasan-gagasan yang disuarakan subjek menunjukan resistansi dan adaptasi subjek dalam menghadapi modernitas atau neokolonialisme.

Kata Kunci: Identitas, Modernitas, Neokolonialisme, Pascakolonial

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Susanto, S.S., M.Hum.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya