Penulis Utama : Yuli Kristianingsih
NIM / NIP : B0216060
×

Penelitian ini membahas tentang (i) Bagaimana jenis-jenis metafora yang terdapat di kolom komentar akun instagram @jokowi? dan (ii) Bagaimana jarak antara tenor dan wahana dari metafora yang terdapat di kolom komentar akun instagram @jokowi?. Tujuan penelitian ini yaitu (i) Mendeskripsikan jenis-jenis metafora  yang terdapat di kolom komentar akun  instagram @jokowi dan (ii) Mendeskripsikan jarak antara tenor dan wahana dari metafora yang terdapat di kolom komentar akun instagram @jokowi.
Data dalam penelitian ini yaitu kata, frasa, klausa, dan kalimat di kolom komentar akun instagram @jokowi  yang mengandung metafora. Sumber data dalam  penelitian  ini  adalah  komentar  di  kolom  komentar  akun  instagram @jokowi selama satu bulan sebelum pemilu, yaitu 13 Maret sampai dengan 13 April 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penyediaan data menggunakan metode simak dengan tangkap layar dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih dan metode padan. Pada metode agih, teknik dasar yang digunakan yaitu teknik bagi unsur langsung (BUL) dengan teknik lanjutan yaitu teknik ganti dan teknik sisip. Pada metode padan, teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan teknik lanjutan yaitu teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP) dengan bantuan metode analisis komponen makna.
Simpulan  penelitian  ini  adalah:  (i)  jenis  metafora  yang  ditemukan  di kolom komentar akun instagram @jokowi terdapat sembilan jenis yaitu being, cosmos, energy, substance, terrestrial, object, living, animate, dan human. Jenis metafora yang paling banyak ditemukan adalah object dan jenis metafora yang paling sedikit ditemukan adalah terrestrial. (ii) Jarak antara tenor dan wahana yang terdapat dalam metafora di kolom komentar akun instagram @jokowi terdiri dari kesamaan objektif dan kesamaan emotif. Kesamaan objektif lebih banyak ditemukan daripada kesamaan emotif.

Kata kunci: Jenis Metafora, Instagram, @Jokowi, Politik

 

×
Penulis Utama : Yuli Kristianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216060
Tahun : 2021
Judul : Metafora di Kolom Komentar Akun Instagram @Jokowi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216060 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.