Penulis Utama : Atik Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415017
Tahun : 2021
Judul : Fatayat Nahdlatul Ulama di Kabupaten Sragen pada Tahun 2002-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0415017 - 2021
Subyek : ORGANISASI PEREMPUAN, FATAYAT NU, SOSIAL KEAGAMAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) latar belakang berdirinya Fatayat NU di Kabupaten Sragen; 2) perkembangan Fatayat NU di Kabupaten Sragen tahun 2002-2014;

Penelitian ini merupakan penelitian historis, maka langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan sumber atau heuristic sehingga terdapat sumber primer dan sumber sekunder yang didapatkan dari Arsip Laporan Pertanggungjawaban Pimpinan Cabang Fatayat NU Sragen dari tahun 2002 sampai 2014, Buku Hasil Kongres Fatayat NU, artikel-artikel dan penelitian terdahulu yang berkaitan. Selanjutnya kritik sumber baik intern maupun ekstern untuk memilih sumber berdasarkan data yang diperoleh untuk mencari fakta sejarah, kemudian dianalisis atau diinterprestasikan berdasarkan kronologisnya, untuk dijadikan penulisan cerita sejarah selanjutnya atau disebut dengan historiografi.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa latar belakang berdirinya Fatayat NU di Kabupaten Sragen merupakan jawaban atas tantangan yang dihadapi masa yang akan datang terutama dalam hal penyiapan kader-kader pemudinya yang akan menjadi generasi penerus keberadaan NU di Kabupaten Sragen. Di samping itu juga tuntutan dari Muslimat NU Cabang Sragen yang menghendaki berdirinya Fatayat NU Cabang Sragen sehingga pada tahun 1978 dianggap sebagai tahun berdirinya Fatayat NU di Sragen. Pertumbuhan dan perkembangan Fatayat NU di Kabupaten Sragen terjadi seiring  adanya permasalahan-permasalahan  perempuan terutamanya dalam  bidang sosial keagamaan, sehingga membutuhkan peran lebih daripada organisasi perempuan NU yakni Fatayat NU untuk ikut turut andil dalam mengatasi permasalahan- permasalahan tersebut dengan paham ahlisunnah wal jamaah.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi Fatayat NU di Kabupaten Sragen telah memberikan banyak kontribusi dalam pelatihan dan pembinaan masyarakat khususnya dalam bidang sosial keagamaan. Fatayat NU mampu memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat perempuan khususnya yakni pengetahuan tentang keagamaan dan juga kebutuhan akan tempat untuk beraspirasi sebagai seorang perempuan yang terlatih dan terdidik.

Kata Kunci : Organisasi Perempuan, Fatayat NU, Sosial Keagamaan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya