Penulis Utama : Syadea Bagas Wahyudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415058
Tahun : 2020
Judul : Perkembangan Industri Rokok PT. Panen di Boyolali 2001-2010
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0415058 - 2020
Subyek : ROKOK, LODJIE, PABRIK, PT. PANEN, BOYOLALI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan industri rokok milik PT. Panen sejak 2001-2010. Penelitian ini ingin melihat bagaimana industri ini berkembang melalui tiga permasalahan utama: 1) Bagaimana sejarah awal perkembangan pabrik rokok Lodjie milik PT. Panen di Boyolali 2001-2010? 2) Bagaimana perkembangan produksi dan pemasaran produk rokok Lodjie milik PT. Panen kepada masyarakat? 3) Bagaimana pengaruh PT. Panen kepada perkembangan sosial ekonomi masyarakat sekitar pabrik? Ketiga rumusan permasalahan ini digunakan untuk melihat bagaimana dinamika perkembangan industri rokok ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahapan Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik sumber, interpretasi dan Historiografi. Sumber-sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber yang berasal dari arsip dan dokumentasi PT. Panen serta wawancara terhadap pengurus harian, karyawan serta warga di sekitar pabrik. Misalnya digunakan Peraturan Perusahaan PT. Panen, Akta pendirian, sertifikat merek Lodjie, Analisi Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) PT. Panen serta profil perusahaan dari tahun-ke tahun dalam lingkup waktu penelitian. Selain itu wawancara juga dilakukan, misalnya kepada Aris Nugroho yang merupakan HRD PT. Panen sejak 2002 serta karyawan dan warga sekitar yang berhubungan langsung dengan PT. Panen.
PT. Panen memberikan pengaruh signifikan dari sisi sosial dan ekonomi yang pesat bagi masyarakat Ngemplak sejak awal pendiriannya pada 2001 hingga 2010. Hal ini dibuktikan dari perkembangan produksi perusahaan ini dari industri rumahan pada 2001 dengan bentuk cv di Karanganyar hingga dapat membuat pt serta pabrik produksi berskala sedang di Boyolali dalam lima tahun (2006). PT. Panen mengalami dinamika positif dalam produksi, ketenagakerjaan dan pemasaran. Dengan begitu PT. Panen dalam perkembangannya telah dapat menjadi perusahaan yang menguntungkan sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat di sekitar pabrik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT. Panen menjadi perusahaan menengah yang berpengaruh dan memiliki andil dalam dinamika sosial-ekonomi di Ngemplak Boyolali.

Kata kunci : Rokok, Lodjie, Pabrik, PT. Panen, Boyolali

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Insiwi Febriary Setiasih, S. S., M. A.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya