Penulis Utama : Aulia Fitriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0416011
Tahun : 2021
Judul : Analisis Isi Rubrikasi Surat Kabar Bulanan Doenia Istri Dalam Gagasan Kesetaraan Perempuan Tionghoa di Hindia Belanda Tahun 1928-1930
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0416011 - 2021
Subyek : DOENIA ISTRI, PEREMPUAN, ORANG KETURUNAN TIONGHOA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :


Permasalahan  yang  diambil  dalam  penelitian  skripsi  ini  yaitu  1) Sejarah Perkembangan Surat Kabar Bulanan Doenia Istri, 2) Potret Perempuan Tionghoa dalam Rubrik Surat Kabar Bulanan Doenia Istri, 3) Gagasan Kesetaraan Perempuan Tionghoa dalam Rubrik Surat Kabar Bulanan Doenia Istri.
Penelitian skripsi ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari heuristik,  kritik  sumber,  interpretasi,  dan  historiografi.  Data  arsip  penelitian skripsi ini diperoleh dari surat kabar, buku refrensi, dan artikel jurnal. Sumber data yang terkumpul kemudian dipilah sesuai dengan tema penelitian skripsi menggunakan kritik sumber, kemudian diinterpretasikan dan ditulis dalam bentuk tulisan sejarah sesuai dengan sumber data yang ada.
Hasil dari penelitian skripsi ini menjelaskan mengenai gagasan kesetaraan perempuan Tionghoa di Hindia Belanda melalui surat kabar bulanan Doenia Istri. Gagasan kesetaraan yang banyak dibahas dalam rubrik mengenai pendidikan dan pekerjaan. Beberapa rubrik menuliskan mengenai ajakan kepada kaum perempuan Tionghoa di Hindia Belanda supaya mereka dapat mengetahui perkembangan para perempuan di luar negeri yang telah berhasil meraih pendidikan sehingga dapat bekerja dan meraih kesetaraan dengan susah payah.
Kesimpulan  yang  dapat  diambil  dari  penelitian  skripsi  ini  ialah
melalui gagasan kesetaraan perempuan Tionghoa yang dilakukan oleh surat kabar bulanan Doenia Istri diharapkan kaum perempuan Tionghoa di Hindia Belanda dapat terbuka pikirannya dan mulai memikirkan nasib mereka yang tertinggal jauh dari kaum perempuan luar negeri.

Kata kunci: Doenia Istri, Perempuan, Orang Keturunan Tionghoa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya