Penulis Utama : Hasrul Azam Afri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0713085
Tahun : 2019
Judul : Uji Efektivitas Konsentrasi GA3 dan Lama Perendaman Terhadap Kualitas Benih, Pertumbuhan, dan Hasil Chromolaena Odorata L.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Agroteknologi - H0713085 - 2019
Subyek : GA3, KUALITAS BENIH, CHROMOLAENA ODORATA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  dilaksanakan  di  lahan  Laboratorium  Ekologi  dan  Manajemen
Produksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta mulai januari 2017 sampai oktober 2017. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati pertumbuhan setiap individu tanaman kirinyuh yang telah di beri perlakuan percobaan penelitian. Faktor pertama adalah konsentrasi ZPT giberelin dengan 4 taraf, yaitu G0 : 0 ppm, G1 : 100 ppm, G2 : 150 ppm, G3 : 200 ppm. Faktor kedua adalah lama perendaman dengan 3 taraf yaitu L1 : 6 jam, L2 : 12 jam, L3 : 24 jam. Variabel pengamatan terdiri dari kualitas benih, pertumbuhan, dan hasil panen. Variabel kualitas benih meliputi Imbibisi, prosentase daya kecambah, tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, dan berat brangkasan. Variabel pertumbuhan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, dan jumlah cabang. Variabel hasil panen meliputi berat daun dan berat batang.
Hasil penelitian menunjukkan rerata penyerapan paling banyak terjadi pada perlakuan G0L3 sebesar 0.252 gram dan rerata penyerapan paling sedikit terjadi
pada perlakuan G2L1 sebesar 0.023 gram. perlakuan yang diberikan pada biji
belum mampu meningkatkan daya kecambah Chromolaena odorata L. hingga ke prosentase terbaik. Hasil perlakuan giberelin dan lama perendaman memberikan
pengaruh   terhadap   pertumbuhan   panjang   akar   tanaman   selama   proses
pembibitan, perlakuan G0L3 memiliki rerata akar paling panjang dengan 8.68 cm. Hasil pengamatan didapatkan rerata tinggi tanaman tertinggi selama masa pertumbuhan pada perlakuan G2L3 dengan tinggi 258,78 cm dan rerata tinggi tanaman terendah pada perlakuan G0L1 dengan tinggi 170,56 cm. Konsentrasi giberelin yang terlalu tinggi justru menghambat pertumbuhan tanaman. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan rerata berat daun segar tertinggi pada perlakuan G1L1 dengan berat 105,67 gram, sedangkan rerata berat daun segar terendah pada perlakuan G1L2 dengan berat 63,78 gram. Perlakuan yang  di aplikasikan memberikan pengaruh yang  cukup signifikan terhadap berat  daun Chromolaena  odorata L., hasil rerata  beberapa berat daun  dengan perlakuan giberelin memiliki berat yang lebih tinggi dibandingkan perlakuan dengan tanpa giberelin.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P.
2. Mercy Bientri Yunindanova, S.P., M.Si.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Pertanian