Penulis Utama : Ayunita Purbaningrum
NIM / NIP : G0017038
×

Pendahuluan:  Tumbuhan  Moringa  oleifera,  Lam.  atau  yang  lebih  dikenal sebagai tumbuhan kelor merupakan tumbuhan yang sudah cukup luas dikenal oleh masyarakat luas baik sebagai bahan makanan hingga sebagai obat herbal. Habitat tumbuhnya berada di daerah tropis menyebabkan tumbuhan ini dapat tumbuh subur di Indonesia. Banyak manfaat yang dapat diambil dari olahan setiap bagian tumbuhan kelor. Salah satunya adalah bagian daun yang dapat diekstrak menjadi sebuah   suplemen   dan   diketahui   dapat   bermanfaat   sebagai   antidiabetes, antiobesitas,  antiinflamasi,  dan  mengandung  antioksidan  yang  cukup  tinggi sebagai penangkal radikal bebas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian ekstrak daun kelor terhadap kadar tekanan darah dan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada pasien khusus pada diabetes melitus.

Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan desain pretest and  posttest  control  group  dan  teknik  Randomized  Controlled  Trial  (RCT). Sampel merupakan pasien diabetes melitus tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam RS  UNS  dengan  memperhatikan  kriteria  inklusi  dan  eksklusi  yang  telah ditentukan oleh peneliti. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan uji T independent dan uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS
20 untuk Windows.

Hasil: Pada variabel IMT dilakukan uji T berpasangan untuk kelompok kontrol dan uji Wilcoxon untuk kelompok perlakuan, didapatkan bahwa tidak adanya perbedaan secara meyakinkan atau tidak mengalami perubahan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi (uji T berpasangan p=0,484; uji Wilcoxon p=0,285). Hal yang sama juga terjadi pada variabel tekanan darah (sistol dan diastol) setelah dilakukan uji T berpasangan untuk kelompok perlakuan (sistol p=0,471; diastol p=0,885) dan uji Wilcoxon untuk kelompok kontrol (sistol p=0,610; diastol p=0,202).

Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi yang diberi ekstrak daun kelor terhadap tekanan darah dan indeks massa tubuh (IMT) pasien diabetes melitus.

Kata  Kunci:  Ekstrak  Daun  Kelor,  Diabetes  Melitus,  Tekanan  Darah,  Indeks
Massa Tubuh (IMT)

 

×
Penulis Utama : Ayunita Purbaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017038
Tahun : 2020
Judul : Ayunita Purbaningrum, G0017038, 2020. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera, Lam.) terhadap Tekanan Darah dan Indeks Massa Tubuh pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit UNS.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran, Jur. Pendidikan Dokter - G0017038 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurhasan Agung Prabowo, dr., Sp.PD, M.Kes.
2. Jarot Subandono, dr., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.