Penulis Utama : Anggityas Werdining Pangesti
NIM / NIP : H0816014
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga beras terhadap tingkat inflasi, menganalisis pola hubungan kausalitas harga beras dan tingkat inflasi di Indonesia dan mengetahui peran harga beras terhadap tingkat inflasi di Indonesia. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskritif dan analitis. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive dan data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia, Bulog, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, FAO dan sumber lainnya. Metode analisis data menggunakan Granger Causality dan Vector Autoregressive (VAR) dengan aplikasi E-Views.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara harga beras dengan tingkat inflasi di Indonesia dengan pola hubungan dua arah (bi- directional).  Shock  pada  harga  beras  memberikan  pengaruh  terhadap  tingkat inflasi dan akan konvergen pada bulan ke enam, sejalan dengan hal tersebut harga beras berperan terhadap tingkat inflasi sebesar 2,77%.
Kesimpulan   yang   dapat   ditarik   dari   penelitian   ini   adalah   terdapat hubungan  antara harga  beras dengan tingkat inflasi di  Indonesia dengan pola hubungan  dua  arah  (bi-directional).  Impulse  Respond  Function  menunjukkan shock pada variabel harga beras memberikan respon fluktuatif terhadap tingkat inflasi,  sejalan  dengan  hal  tersebut  peran  harga  beras  terhadap  tingkat  infasi hingga akhir bulan sebesar 2,77%. Saran untuk pemerintah sebaiknya mempertimbangkan kebijakan-kebijakan mengenai perberasan di Indonesia dari hulu ke hilir baik kebijakan mengenai harga maupun non harga sebagai upaya stabilisasi harga beras. Saran untuk penelitian selanjutnya agar memperhatikan variabel-variabel lain seperti harga beras internasional, kebijakan perberasan serta diperlukan penelitian lanjutan mengenai integrasi pasar antar wilayah.

×
Penulis Utama : Anggityas Werdining Pangesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0816014
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kausalitas Harga Beras Dengan Tingkat Inflasi di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Agribisnis - H0816014 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Dr. Agr. Sc Ernoiz Antriyandarti, S.P. M.P. M.Ec
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.