Penulis Utama : Fakhry Eka Febriansyah
NIM / NIP : I0116040
×

ABSTRAK

Fakhry Eka Febriansyah, 2020. Analisis Emisi CO2 yang Dihasilkan Kendaraan Niaga Pickup dengan Metode IPCC dan Metode Langsung. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Industri dan pembangunan di Indonesia yang berkembang pesat berdampak pada penggunaan angkutan barang yang semakin meningkat. Salah satu dampak negatif dari peningkatan penggunaan angkutan barang adalah meningkatnya gas pencemar CO2. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya emisi CO2 yang dihasilkan angkutan barang khususnya pickup dengan menggunakan dua metode kemudian membandingkan hasil keduanya. 
Ruas jalan yang digunakan sebagai studi kasus adalah Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. RA Kartini.  Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu metode IPCC dan metode langsung. Metode langsung bertujuan untuk menghitung emisi aktual yang dihasilkan kendaraan, pada metode ini dibutuhkan data emisi kendaraan yang didapatkan dari survei di Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan database emisi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta. Pada metode IPCC perhitungan besar emisi diperlukan parameter konsumsi bahan bakar yang dihitung menggunakan rumus dalam pedoman perhitungan biaya operasional kendaraan. 
Hasil perhitungan emisi CO2 dengan metode langsung memperoleh hasil lebih besar dibandingkan dengan metode IPCC. Pada metode langsung didapatkan besar emisi CO2 pada Jl. HOS Cokroaminoto yaitu 293,6986 Kg/hari dan pada Jl. RA Kartini sebesar 635,8164 Kg/hari. Pada metode IPCC didapatkan hasil emisi CO2 sebesar 73,2753 Kg/hari dan pada ruas Jl. RA Kartini sebesar 167,9276 Kg/hari. Hal ini dikarenakan pada metode IPCC gas CO2 yang dimaksud berasal dari proses terbakarnya bahan organik yang kemudian terbebas ke atmosfer sedangkan pada metode langsung gas CO2 diukur langsung sebagai hasil gas buang kendaraan. Selain itu tingkat ketelitian perhitungan dengan metode IPCC tergolong pada tier 1 sedangkan pada metode langsung tergolong pada tier 3.
Kata Kunci: emisi,, metode IPCC, metode langsung, CO2.

×
Penulis Utama : Fakhry Eka Febriansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116040
Tahun : 2020
Judul : Analisis Emisi Co2 Yang Dihasilkan Kendaraan Niaga Pickup Dengan Metode Ipcc Dan Metode Langsung Analysis Of Co2 Emissions Generated By Pickup Vehicles By Ipcc Method And Direct Method
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116040 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Florentina Pungky P. S.T.,M.T
2. Iva Yenis Septiariva, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.