Penulis Utama : Rafid Cahyadi
NIM / NIP : F0216080
×

Abstrak

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan hal yang penting dan perlu dilakukan oleh setiap karyawan perusahaan. Karyawan harus mampu memahami aktivitas CSR suatu perusahaan dan terlibat dalam setiap aktivitas CSR tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap perilaku menolong yang dimediasi oleh pekerjaan yang bermakna. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan hotel bintang tiga di Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 111 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Pengujian yang dilakukan antara lain model outer menggunakan avarege variance extracted (AVE) untuk menguji validitas dan metode Cronbach alpha untuk menguji reliabilitas, inner model, dan goodness of fit, serta pengujian hipotesis menggunakan metode bootstrapping. Perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.0.T Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif terhadap perilaku menolong. Pekerjaan yang bermakna memediasi persepsi CSR dan partisipasi CSR dengan perilaku membantu.

Kata Kunci : Tanggung Jawab Sosial (CSR), kebermaknaan kerja, perilaku membantu, Perilaku organisasi kewarganegaraan (OCB).

×
Penulis Utama : Rafid Cahyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0216080
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Helping Behavior: Peran Meaningful Work (Studi pada Karyawan Hotel Bintang Tiga di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. S1 Manajemen-F0216080-2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Sinto Sunaryo S.E., M.SI.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.