Penulis Utama : Athisa Ratna Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0217018
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Ketidakamanan Kerja pada Kinerja Karyawan dengan Kesejahteraan Subjektif sebagai Pemediasi dan Psychological Capital sebagai Pemoderasi (Studi pada Karyawan di Industri Perbankan Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. S1 Manajemen-F0217018-2020
Subyek : KINERJA KARYAWAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kinerja karyawan pada industri di bidang jasa merupakan salah satu faktor yang berdampak besar pada tujuan perusahaan, terutama perusahaan yang berorientasi pada kualitas hasil yang diperoleh seperti kepuasan konsumen yang menjadi tujuan utama dalam melakukan kegiatan bisnis. Sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu perusahaan merupakan salah satu faktor penting, melalui sumber daya manusia, tujuan perusahaan dapat dicapai, oleh karena itu banyak perusahaan yang melakukan berbagai cara untuk membuat sumber daya manusia yang dimiliki memiliki keunggulan dari perusahaan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketidakamanan kerja pada kinerja karyawan melalui pengurangan kesejahteraan subjektif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meneliti efek moderasi dari keseluruhan komponen psychological capital yang mencakup self-efficacy, resiliensi, optimisme dan harapan pada pengaruh ketidakamanan kerja dan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada beberapa karyawan bank swasta dan bank perkreditan rakyat atau BPR yang berada di Kota Yogyakarta dengan masa kerja yang harus dimiliki karyawan minimal satu tahun. Kuesioner penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara offline menggunakan kuesioner langsung yang diserahkan kepada pihak HRD bank yang menjadi target responden, dengan jumlah kuesioner yang terkumpul sebanyak 127 kuesioner. Pengujian data dalam penelitian ini meliputi uji mediasi dan uji moderasi yang dilakukan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan komponen kesejahteraan subjektif yaitu kecemasan dan kelelahan emosional yang dialami karyawan sedang meningkat sehingga kesejahteran subjektif tidak dapat memediasi hubungan antara ketidakamanan kerja pada kinerja karyawan. Sedangkan hasil uji moderasi dalam penelitian ini seluruh komponen yang ada pada psychological capital yaitu resiliensi, optimisme dan harapan memiliki pengaruh signifikan, namun tidak dapat memperlemah ketidakamanan kerja yang dirasakan, dan self-efficacy yang dimiliki karyawan tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Kata Kunc i: Kinerja karyawan, psychological capital, kesejahteraan subjektif, ketidakamanan kerja

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Desy Mayasari S.E., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis