Penulis Utama : Laras Hani Novianty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015216
Tahun : 2021
Judul : Peran Perwakilan Diplomatik dalam Melindungi Terpidana Anak Indonesia di Luar Negeri (Studi Kasus Terpidana Anak Indonesia Ali Yasmin di Australia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. S1 Ilmu Hukum-E0015216-2020
Subyek : PERWAKILAN DIPLOMATIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan yang dilakukan oleh Perwakilan Pemerintah Republik Indonesia di luar negeri dalam melindungi warga negaranya yang menjalani proses hukum di negara lain yang diatur di dalam Peraturan Menteri Luar Negeri No. 5 Tahun 2018. Perlindungan dapat dilakukan karena Pemerintah Republik Indonesia memiliki yurisdiksi ekstrateritorial terhadap warganya, namun Vienna Convention on Diplomtic Relations 1961 dan Vienna Convention on Consular Relations 1963 memberikan Batasan terhadap yurisdiksi ekstrateritorial yang dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan perlindungan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan guna menjawab isu hukum yang dihadapi dengan mengidentifikasi aturan-aturan dalam hukum internasional yang menyangkut mengenai perlindungan terhadap warga negara dan pertanggungjawaban negara setelah melakukan internationally wrongful act dan dalam rangka akademis agar penelitian hukum ini dapat dijadikan sumber referensi untuk selanjutnya diterapkan. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan menggunakan teknis analisis bahan hukum deduksi silogisme.
Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa Pemerintah Indonesia yang dibantu melalui Kementerian Luar Negeri dengan Perwakilannya di luar negeri, Perwakilan Diplomatik maupun Perwakilan Konsuler, memiliki kewajiban untuk melindungi warga negaranya melalui yurisdiksi ekstrateritorial apabila melanggar hukum negara asing namun wajib untuk tetap memperhatikan hukum negara setempat dan juga hukum internasional dan Pemerintah Australia memiliki pertanggungjawaban terhadap tindakannya terhadap Ali Yasmin berdasarkan Responsibility of States for Internationally Wrongful Act 2001.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslimah, S.H., M.H.
2. Anugrah Adiastuti, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum