Penulis Utama : Zubaid Hasan Rahmadi
NIM / NIP : C0816055
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana desain interior pada Wisma Kuwera? (2) Bagaimana konsep yang digunakan oleh Y.B. Mangunwijaya dalam mendesain Wisma Kuwera?

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui desain interior pada desain interior Wisma Kuwera (2) Mengetahui konsep yang digunakan YB Mangunwijaya dalam mendesain Wisma Kuwera.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian mencakup semua ruang yang ada dalam Wisma Kuwera. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan literature. Teknis analisis yang digunakan adalah analisa dengan teori, teori yang digunakan adalah teori analisa desain interior dari John. F. Pile dan “PENDEKATAN KONSEPTUAL DALAM PROSES PERANCANGAN INTERIOR” yang ditulis oleh Adi Santoso.

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Bentuk, Furniture, sirkulasi, pencahyaan dan sistem akustik didasarkan pada aspek fungsional baik sebagai ruang sosial, rumah maupun kantor. Material didominasi oleh material lokal dengan ketahanan, struktur, pertimbangan kaselamtan yang baik, ditambah dengan biaya yang terjangkau. Ekspresi Visual yang terbentuk menggambarkan suasana dan karatek tropis, lokal dengan sentuhan modern. (2) Konsep yang digunakan Y.B. Mangunwijaya pada desain interior Wisma Kuwera adalah rumah tropis, yang mengadopsi rumah panggung dan unsur kelokan, konsep rumah tumbuh, dan konsep fungsional, ekspresif dan Ekperimental.

 

×
Penulis Utama : Zubaid Hasan Rahmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0816055
Tahun : 2020
Judul : Analisa Konsep Desain Interior Y.B. Mangunwijaya pada Wisma Kuwera
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Desain Interior - C0816055 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurhayatu Nufut Alimin, S.Pd., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.