Penulis Utama : Amalia Rizqi Sofiastuti
NIM / NIP : C0913003
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah merancang tekstil pakaian anak   dengan   memenuhi kriteria kenyamanan, keamanan, berkualitas, dan   menarik bagi anak. Kriteria tersebut dipenuhi melalui perancangan tekstil pakaian anak dengan teknik digital sublimasi printing yang tersertifikasi Oeko Tex 100 sehingga aman bagi anak, dengan sumber ide motif dari permainan tradisional lompat tali. Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah  mampu merancang tekstil pakaian anak  dengan  memenuhi kriteria kenyamanan, keamanan,  berkualitas,  dan    menarik  bagi  anak dengan  teknik digital sublime printing dan desain motif permainan lompat tali.
Metode yang dipakai dalam proyek perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Eksplorasi Visual, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni  tahap  memvisualkan  konsep  rencana  perancangan  yang  sudah  ditulis dalam proses perancangan.
Perancangan Tugas Akhir ini menghasilkan enam desain, empat diantaranya diproduksi menggunakan teknik digital sublimasi printing     yang sudah   tersertifikasi   Oeko   Tex   100   sehingga   aman   bagi   anak.   Bahan menggunakan kain katun jepang premium karena katun jepang premium cukup mudah menyerap   keringat sehingga cukup nyaman, dan tidak mudah kusut untuk aktivitas keseharian anak-anak yang banyak bergerak.

Kata Kunci : Tekstil Pakaian Anak, digital sublimasi printing, permainan tradisional lompat tali.

 

×
Penulis Utama : Amalia Rizqi Sofiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913003
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Motif Tekstil Pakaian Anak dengan Sumber Ide Permainan Tradisional Lompat Tali Menggunakan Teknik Digital Sublimasi Printing
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2021
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0913003 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.