Penulis Utama : Maharsi Laksita R
NIM / NIP : C0913026
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir ini adalah untuk menciptakan motif batik dengan menerapkan relief Candi Kalasan yang sudah dikembangkan menjadi bentuk motif yang bervariasi dan upaya pelestarian Candi Kalasan terutama relief candi. Serta diharapkan hasil perancangan ini menambah keanekaragaman motif batik Candi Kalasan dan dapat dijadikan sebagai souvenir turis lokal maupun mancanegara.

Metode yang dipakai yaitu metode desain dengan melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan enam desain batik yang bertemakan relief Candi Kalasan yang meliputi mahkota kala, sulur, sulur gelung, bunga, untaian mutiara dengan penggambaran stilasi dekoratif. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah batik tulis. Teknik pewarnaan colet menggunakan zat pewarna remasol. Bahan menggunakan kain katun paris, karena memiliki sifat kemampuan menyerap yang baik sehingga akan terasa tetap dingin meski digunakan di daerah yang bersuhu panas serta bahannya yang tipis,ringan dan cocok digunakan untuk pewarnaan sintetis.

Kata Kunci :Batik Tulis, Relief Candi Kalasan.

 

×
Penulis Utama : Maharsi Laksita R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913026
Tahun : 2020
Judul : Ragam Hias Relief Candi Kalasan Sebagai Sumber Ide Motif Batik Tulis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0913026 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.