Penulis Utama : Devi Kurnia Sani
NIM / NIP : C0916019
×

Pengembangan desain motif batik Jonegoroan Rancak Thengul ini dilakukan
untuk menghasilkan batik Jonegoroan yang kreatif, inovatif dan membuka banyak peluang  ekonomi  dan  industri kreatif di Bojonegoro.  Pengembangan  ini  menjadi penting mengingat motif Rancak Thengul terinspirasi dari visual kesenian khas Bojonegoro yaitu Wayang Thengul. Tahap yang dilakukan dalam pengembangan ini adalah: 1) observasi dan mencari informasi lebih dalam mengenai batik Jonegoroan terutama motif Rancak Thengul agar bisa dikembangkan tanpa meninggalkan ciri khas dan keunikannya . 2) mengeksplorasi potensi olah visual pada sumber ide yang diambil yaitu Wayang Thengul khas Bojonegoro.
Metode yang digunakan terdiri dari metode perancangan dengan teori Colin Clipson, konsep perancangan, dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecah masalah, Pengumpulan data, Uji coba dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan tekstil . Visualiasasi yaitu tahap memvisualkan konsep rencana perancangan.
Hasil pengembangan desain diharapkan dapat: 1) membuka peluang dan pandangan baru terhadap pengembangan produk batik Jonegoroan motif Rancak Thengul dari detail visual, warna, komposisi, proses produksi sampai realisasi ke dalam produk. 2) Mengembangkan produk dengan memadukan kesenian khas Wayang Thengul dan potensi alam yang  dimiliki Bojonegoro  sebagai sumber  ide dengan meningkatkan kualitas visual dan nilai artistik, sehingga membuka pasar dan peluang ekonomi di Bojonegoro.
Hasil  penelitian   dan   pengembangan   desain   ini   menyimpulkan   bahwa,
pengembangan desain akan berguna bagi para pelaku industri batik di Bojonegoro dalam mengembangkan desain batik Joegoroan. Dengan adanya pengembangan yang kreatif dan inovatif, batik Jonegoroan akan mampu membuka peluang-peluang penciptaan  baru  dan  menjadikan  batik  Jonegoroan  sebagai produk  unggulan  dan tonggak perekonomian di kota Bojonegoro.

Kata kunci : Batik Jonegoroan, Rancak Thengul, Wayang Thengl

 

×
Penulis Utama : Devi Kurnia Sani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916019
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Desain Batik Jonegoroan Motif Rancak Thengul dengan Sumber Ide Wayang Thengul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2021
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0916019 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan S.Sn.,M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.