Penulis Utama : Fernanda Rizky Puspa Wardani
NIM / NIP : C0916023
×

Perancangan ini dilakukan untuk mengembangkan desain Batik Tuban Jawa Timur, dengan tujuan untuk menghasilkan produk Batik Tuban yang akan diarahkan dengan mengeksplorasi visual batik tuban dengan sumber ide visual fraktal untuk dikembangkan kearah desain yang lebih kreatif dan inovatif.
Metode   yang   digunakan   terdiri   dari   metode   perancangan,   konsep perancangan,  dan  visualisasi.  Metode  perancangan  menggunakan  teori  Collin Clipson yang melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan  meliputi  landasan  pemikiran  untuk  perancangan  tekstil.  Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan.
Hasil perancangan ini sebagai berikut: (1) Visual Fraktal sebagai sumber ide perancangan desain batik Tuban, yang dilakukan dengan menggabungkan fraktal dengan visual asli batik Tuban. Hasil perancangan ini berhasil membuat 9 desain
dengan pembagian motif sesuai jenis-jenis batik yang ada di Tuban yakni geometri,
flora dan fauna. (2) Pengaplikasian perancangan ini diarahkan untuk fashion wanita dengan rentang usia 20-27 tahun, dengan pertimbangan pemilihan warna dan komposisi yang sesuai sehingga menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki ciri khas dan pembaruan dari segi desain.
Perancangan  ini  menghasilkan  tampilan  desain  baru  yang  menjembatani motif   khas   masa   lampau   dengan   produk   tekstil   era   sekarang.   Dengan menggabungkan  teknik  olah  digital,  perancangan  ini  dapat  menghasilkan  desain yang lebih mempertimbangkan keseimbangan komposisi secara artistik dan estetis namun tidak menghilangkan esensi batik Tuban itu sendiri.

Kata Kunci : Batik, Batik Tulis, Batik Tuban, Fraktal, Ultra Fractal, Blouse

 

×
Penulis Utama : Fernanda Rizky Puspa Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916023
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Desain Batik Tuban Dengan Sumber Ide Visual Fraktal Untuk Blouse
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2021
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0916023 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Endah Santoso, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.