Penulis Utama : Nina Suhartanti
NIM / NIP : C0916036
×

Pengembangan desain motif batik Boyolali dengan sumber ide legenda Boyolali ini dilakukan untuk menghasilkan batik Boyolali yang inovatif, tidak monoton dan memberikan pengetahuan baru akan adanya legenda Boyolali Ki Ageng Pandan Arang yang nantinya menjadikan peluang penjualan batik Boyolali meningkat dan berdampak baik bagi ekonomi. Pengembangan ini menjadi penting mengingat motif Ki Ageng Pandan Arang yang diambil dari cerita sejarah legenda Boyolali ini nanti menarik karna mengandung makna simbolis dan filosofis yang sangat kental dan berbeda dengan motif sebelumnya yang monoton dengan potensi alam. Tahap yang dilakukan dalam pengembangan ini adalah: 1) observasi dan mencari informasi lebih dalam mengenai batik Boyolali dan sejarah cerita legenda Boyolali. 2) mengeksplorasi potensi olah visual pada sumber ide yang diambil yaitu Legenda Boyolali Ki Ageng Pandan Arang.
Hasil pengembangan desain diharapkan dapat: 1) membuka peluang dan pandangan baru terhadap pengembangan produk batik Boyolali dari detail visual, warna, komposisi, proses produksi sampai realisasi ke dalam produk. 2) Mengembangkan produk dengan memadukan hasil potensi alam yang saat ini menjadi icon Boyoalali serta Legenda Boyolali Ki Ageng Pandan Arang sebagai sumber ide dengan meningkatkan kualitas visual dan nilai artistik, sehingga lebih inovatif dan tidak monoton.
Hasil penelitian dan pengembangan desain ini menyimpulkan bahwa, adanya
pengembangan yang kreatif dan inovatif, batik Boyolali akan mampu membuka peluang-peluang penciptaan baru dan menjadikan batik Boyolali sebagai produk unggulan dan dapat meberikan dampak baik bagi ekonomi.

Kata kunci : Batik Boyolali, legenda Boyolali, Ki Ageng Pandan Arang.

 

×
Penulis Utama : Nina Suhartanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916036
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Desain Batik Boyolali Dengan Sumber Ide Legenda Boyolali “Ki Ageng Pandan Arang”
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2021
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0916036 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan, S.Sn., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.