Penulis Utama : Senja Ari Nur Dewanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916045
Tahun : 2021
Judul : Aktivitas Masyarakat Dan Kuliner Jajanan Pasar Khas Solo Sebagai Sumber Ide Penciptaan Desain Tekstil
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0916045 - 2021
Subyek : JAJAN PASAR KHAS SOLO, DIGITAL PRINTING, MEDIA PROMOSI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang perancangan produk ini ialah menciptakan inovasi pada visual desain tekstil khususnya untuk desain permukaan dengan visual makanan tradisional khas Solo ( Jajan pasar) yang tertuang dalam suasana dimana maknan itu berada dengan maksud menyampaikan pesan agar generasi milenial lebih mengenal dan mau melestarikan suatu hal yang tradisional,dan dapat dimulai dari hal yang paling awam yaitu mengenal makanan tradisional yang berasal dari kota Solo. Karya ini nantinya akan mengeksplorasi wujud dari makanan tradisional khususnya jajan pasar khas Solo dan suasana dimana makanan itu berada yang akan divisualkan kedalam desain pada permukaan tekstil.
Karya ini hadir karena adanya permasalahan makanan tradisional yang kini mulai tergeser oleh makanan-makanan luar seperti junk food, fast food, dan western food. Selain itu juga gaya modernisasi para remaja yang bisa dibilang menjerumus kebarat- baratan yang juga mempengaruhi pola makan mereka dalam pergaulan sehari-hari. Demi untuk menunjang eksistensi dan menyamai gaya hidup teman-teman yang lain.
Hasil    perancangan    ini    dapat    disimpulkan    menjadi    beberapa    hal:    (1) mengeksplorasi wujud visual desain digital dengan sumber ide dari “Makanan Jajan Pasar  Khas  Solo”  dengan  penggayaan  illustratif  dengan  visual  makanan  yang menyerupai wujud aslinya yang didalamnya tertuang sebuah cerita selling and buying, serta menempatkan objek makanan sendiri kedalam kehidupan sehari-hari manusia. (2) Desain ditujukan untuk media promosi makanan khas Solo kepada kaum remaja. (3) Desain diwujudkan dengan teknik digital printing yang nantinya diwujudkan kedalam pakaian unisex untuk usia 17-25 tahun (remaja akhir). Selain itu perancangan ini akan menghasilkan produk yang berbeda dari produk pakaian dengan teknik digital printing lainnya,  yaitu  penambahan  unsur  kegunaan  makanan  dan  kedudukan  makanan dikehidupan manusia sehari-hari yang tentunya mengutamakan keestetisan, selain itu produk  ini  nantinya  bisa  menyampaikan  pesan  dan  dapat  menjadi  daya  tarik khususnya  untuk  anak  generasi  milenial  agar  lebih  melestarikan  dan  mencintai sesuatu yang tradisional, serta menjadi kampanye gaya baru dalam mempertahankan keeksistensian suatu hal yang tradisional yang merupakan salahsatu budaya, yaitu dengan menjadikan produk ini sebagai souvenir yang nantinya akan diolah menjadi produk pakaian yang digemari anak milenial.

Kata kunci : Jajan Pasar Khas Solo, Digital Printing, Media Promosi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Darwoto, S.Sn., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain