Penulis Utama : Silvia Khoiru Azizah
NIM / NIP : C0916047
×

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah 1) bagaimana latar belakang Batik Sidomulyo memproduksi Tiruan Batik sebagai Tekstil untuk Seragam.   2)  aspek-aspek   apakah   yang  dipertimbangkan   dalam   merancang seragam tiruan batik. Tujuan permasalahan ini adalah 1) agar mengetahui latar belakang Batik Sidomulyo memproduksi Tiruan Batik sebagai Tekstil untuk Seragam.   2)   agar   mengetahui   aspek-aspek   yang   dipertimbangkan   dalam merancang seragam tiruan batik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Griya Batik Sidomulyo Ngawi. Pendekatan desain dilakukan digunakan untuk mengkaji kain tiruan batik print malam dingin. pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah narasumber, produk  batik, rekaman atau catatan, dokumen, dan  arsip. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Validitas data dengan teknik trianggulasi.  Analisis  data  dengan  menggunakan  metode  kualitatif  interaktif dengan tiga komponen analisis yakni reduksi data, sajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) latar belakang Griya Batik Sidomulyo memproduksi tiruan batik diawali dengan memproduksi kain batik tulis. Produksi tiruan batik dengan print malam dingin dilakukan sejak tahun 2010 hingga sekarang. Produk kain tersebut telah dijual dan dipesan oleh berbagai instansi pemerintah,  swasta,  dan  perorangan.  2)  aspek-aspek  yang  dipertimbangkan disetiap produknya memiliki persamaan pada fungsional, bahan, dan proses. Perbedaannya terdapat pada aspek keindahan yang tampak pada setiap motifnya. Pertimbangan lain yaitu selera konsumen yang berbeda, trend mode, dan pemasaran untuk mencapai komunikasi dalam pemesanan produk.

Kata kunci: Desain, Tiruan Batik, Batik Sidomulyo, Seragam

 

×
Penulis Utama : Silvia Khoiru Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916047
Tahun : 2021
Judul : Kajian Desain pada Tekstil Tiruan Batik di Sidomulyo Ngawi Sebagai Tekstil Untuk Seragam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2021
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0916047 `- 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.