Penulis Utama : M Fariz Khoirul M
NIM / NIP : K7407196
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui faktor psikologis (motivasi,  persepsi, pembelajaran,  dan keyakinan/sikap)  berpengaruh  secara simultan terhadap keputusan pembelian laptop mahasiswa program studi ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS Surakarta. (2) Mengetahui faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, dan keyakinan/sikap) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop mahasiswa program studi ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS Surakarta.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  kuantitatif  dengan teknik  pengumpulan  data berupa kuesioner  atau angket. Populasi  penelitian ini   adalah   mahasiswa    Prodi   Pendidikan    Ekonomi   FKIP   UNS   yang mempunyai   laptop  yang  berjumlah  295  orang. Penentuan  jumlah   sampel menggunakan  rumus Slovin dan didapat sampel sebanyak  75 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi tinier berganda.
Data yang digunakan  dalam penelitian  ini berupa data primer yang diperoleh  dengan  memberikan  kuesioner  kepada  responden.  Uji  prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: nonnalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan linearitas. Pengujian hipotesis  dalam penelitian  ini menggunakan  analisis regresi berganda,  uji F dan uji t.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  ( 1) faktor psikologis(motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan/sikap) secara  simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini tercermin  dari basil uji F diperoleh  nilai probabilitas  sebesar 0,000. Karena v nilai  probabilitas    (0,000)   lebih  kecil  dari  0,05,  maka  Ho  ditolak,     sehingga dapat    disimpulkan     bahwa    variabel    faktor    psikologis    yang   terdiri    dari  : motivasi,   persepsi,  pembelajaran,dan   keyakinan/sikap   berpengaruh   secara bersama-sama  terhadap  keputusan  pembelian.  (2)  Hasil  perhitungan  data untuk variabel motivasi memiliki tingkat signifikansi 0,015, variabel persepsi memiliki  tingkat  signifikansi  0,001,  variabel pembelajaran  memiliki  tingkat signifikansi 0,002, variabel keyakinan dan sikap memiliki tingkat signifikansi 0,001,. Oleh karena probabilitas (motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan  sikap)  lebih kecil  dari  0,05  maka  dapat  dikemukakan  bahwa  variabel (motivasi, persepsi, pembelajaran,dan keyakinan/sikap)   berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.

×
Penulis Utama : M Fariz Khoirul M
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7407196
Tahun : 2012
Judul : Pengaruh Aktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi - K7407196 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sudamo, S.Pd, M.Pd.
2. Jonet Ariyanto N., SE, MM.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.