Penulis Utama : Tisna Ardhiyanto Kurniawan
NIM / NIP : K7407033
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (I) Pelayanan administrasi di  Instalasi Rawat  Jalan   Rumah   Sakit PKU  Muhammadiyah  Karanganyar. (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelayanan administrasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.  (3) Upaya-upaya yang dilakukan pihak Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi dan mengantisipasi hambatan yang akan terjadi kemudian.
Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kualitatif   dengan   metode deskriptif.  Sedangkan  untuk  strategi penelitian  menggunakan  strategi  tunggal terpancang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (sampel bertujuan) dan snowball sampling (bola salju).  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumen. Untuk validitas  data, menggunakan  teknik  triangulasi  data,  triangulasi  metode  dan rewiew informan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian,  dapat disimpulkan bahwa: (1)  Pelayanan administrasi yang terdapat pada fase registrasi pendaftaran, meliputi: (a) Pelayanan maksimal untuk seluruh masyarakat (b) Prosedur pendaftaran dan cara  pembayaran  sederhana  (c) Jumlah  loket  dan petugas  cukup  (d)  Petugas pelayanan bersifat ramah (e) Pelayanan pendaftaran secara otomatis dan manual (2) Hambatan - hambatan dalam pelayanan administrasi adalah:  (a) Pembiayaan pasien, kadang pasien belum siap dengan biaya pelayanan di luar kemampuannya (b) Misscomunication  antara petugas dengan pasien  (c) Kurangnya koordinasi antar  bagian  (d)  Keterbatasan  sarana  dan  prasarana  (e)  Keterbatasan  SDM (Sumber Daya Manusia) (f)  Kendala teknis: komputer yang trouble (3) Upaya mengatasi hambatan - hambatan  dalam  pelayanan administrasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar (a) Pembiayaan pasien dengan adanya komunikasi antara petugas rumah sakit dengan pasien (b) Memperjelas Penyampaian Informasi (c) Meningkatkan koordinasi antar bagian  (d) Pemanfaatan sarana dan  prasarana secara  optimal ( e)  Meningkatkan SDM (Sumber  Daya Manusia)  (f) Menyiapkan altematif solusi  sacara manual.
Kata Kunci: Pelayanan Administrasi Rumah Sakit

 

×
Penulis Utama : Tisna Ardhiyanto Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7407033
Tahun : 2011
Judul : Analisis Pelayanan Administrasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi - K7407033 - 2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. C . Dyah S. Indrawati, M.Pd
2. Jumiyanto Widodo, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.