Penulis Utama : Aris Setyo Wibowo
NIM / NIP : K7110021
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model kontekstual pada siswa kelas II SON Banaran Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Banaran Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 27 siswa dan guru kelas II. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif (Miles&  Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi,  observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas II SDN Banaran Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai kemampuan menulis deskripsi setiap siklus yaitu nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 61,55 dengan persentase ketuntasan 37,03%. Pada siklus I nilai rata - rata kelas meningkat menjadi  65,65 dengan persentase ketuntasan 66,66%.  Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 76,67 dengan persentase ketuntasan 92,59%.

Kata kunci:  Model  Kontekstual, Keterampilan, Menulis Deskripsi.

×
Penulis Utama : Aris Setyo Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7110021
Tahun : 2014
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kontekstual (CTL) Padasiswa Kelas II SD Negeri Banaran Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7110021 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Kartono, M.Pd
2. Hadiyah, S.Pd. M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.