Penulis Utama : Adhin Setyo Winarko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4307011
Tahun : 2011
Judul : Penerapan Strategi Inquiring Minds Want To Know Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Ipa 4 Sma Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Biologi - X4307011 - 2011
Subyek : INQUIRING MINDS WANT TO KNOW-BASED CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, SCIENCE PROCESS SKILLS STUDENTS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan sistem ekskresi melalui penerapan strategi Inquiring Minds Want to Know berbasis Contextual Teaching and Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  (Classroom Action Research). Penelitian mengacu pada model spiral dimana penelitian dilakukan dalam beberapa siklus utuk mencapai target yang telah ditetapkan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Sumber data diperoleh dari guru  dan siswa, tempat  dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran, dan dokumentasi atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan wawancara. Pemeriksaan validitas  data  dengan  menggunakan  teknik  triangulasi  metode  data. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase tingkat penguasaan keterampilan proses sains pada masing-masing aspek yang terdiri atas mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan dan mengkomunikasikan.  Rata-rata  persentase  tingkat  penguasaan  setiap  indikator keterampilan proses sains siswa pada prasiklus sebesar 61,56%. Setelah diberikan tindakan  pada  siklus  I  persentase  rata-rata  sebesar  69,49%, seluruh aspek keterampilan proses sains mengalami perbaikan, kenaikan persentase signifikan terdapat pada aspek mengobservasi. Refleksi pada siklus I menunjukkan sebagian besar  siswa  banyak  yang  enggan  untuk  mempersiapkan  materi  dari  rumah sehingga berakibat pada ketidaksiapan  siswa saat diberi pertanyaan oleh guru sehingga diperlukan revisi tindakan pada siklus II. Rata-rata persentase aspek keterampilan proses sains pada siklus II sebesar 80,40%, seluruh aspek partisipasi mengalami perbaikan sesuai target. Rata-rata nilai persentase setiap indikator prasiklus
adalah 61,56%, pada siklus I sebesar 69,49?n pada siklus II sebesar 80,40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi Inquiring Minds Want to Know berbasis Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran Biologi kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 20I0/2011.

Kata kunci : Inquiring Minds  Want to Know berbasis Contextual Teaching and Learning, keterampilan proses sains siswa.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Maridi. M.Pd.
2. Bowo Sugiharto, S.Pd. M.Pd.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP