Penulis Utama : Ayu Yulita
NIM / NIP : G0107032
×

Perawat sering menghadapi berbagai macam persoalan dalam pekerjaannya karena dihadapkan pada beban kerja dan tuntutan yang berlebih, baik dari pasien maupun teman sekerja, sehingga ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa stres  kerja  merupakan  hal  yang  lazim  bagi  perawat.  Hal  ini  sesuai  dengan penelitian  yang dilakukan  oleh  Persatuan  Perawat  Nasional  Indonesia  (PPNI) bahwa  50,9%  perawat  mengalami  stres  kerja.  Tingginya resiliensi  dan  self efficacy  akan membantu meminimalisir stres kerja pada individu.  Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui:  1)  hubungan  antara  resiliensi  dan  self-efficacy dengan stres  kerja  pada perawat;  2) hubungan negatif antara resiliensi dengan stres kerja pada perawat;  3)  hubungan negatif antara self-efficacy  dengan stres kerja pada perawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah perawat yang berusia 20 hingga 45 tahun dan telah bekerja minimal satu tahun di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 perawat. Sampling menggunakan combined sampling, yaitu kombinasi antara proportional sampling, purposive sampling, cluster sampling, dan random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Skala Stres Kerja, Skala Resiliensi, dan Skala Self-efficacy. Skala Stres Kerja terdiri dari 49 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,948. Skala Resiliensi terdiri dari 37 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,901. Skala Self-efficacy terdiri dari 27aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,881.
Analisis data menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor, diperoleh
nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,843; p=0,000 (p<0> F tabel 3,07. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara resiliensi dan self-efficacy dengan stres kerja pada perawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Secara parsial menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara resiliensi dengan stres kerja dengan (r) sebesar -0,652; p=0,000 (p<0 p=0,000>

Kata Kunci: RESILIENSI, SELF-EFFICACY, STRES KERJA

×
Penulis Utama : Ayu Yulita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0107032
Tahun : 2011
Judul : Hubungan Antara Resiliensi dan Self-Efficacy Dengan Stres Kerja Pada Perawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2011
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran, Jur. Psikologi - G0107032 - 2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Munawir Yusuf, M.Psi.
2. Aditya Nanda Priyatama, S. Psi., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.