Penulis Utama : Suroso
NIM / NIP : X4710143
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola di kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan menggunakan analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga pada materi bermain sepakbola. Dimana pada tahap pra tindakan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan masih rendah yaitu 9 (60%) dari 15 siswa belum tuntas, tetapi setelah menggunakan alat yang dimodifikasi pada siklus I siswa yang tuntas 11  dari 15 siswa atau sebesar 73,3?rarti 26,7?lum tuntas, siklus II dari 15 siswa, 93,3% (14 siswa) telah memenuhi kriteria ketuntasan  belajar. Berdasarkan data yang diperoleh pada tiap siklus dapat diartikan bahwa penggunaan alat yang dimodifikasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2011/2012 sangat tepat dalam rangka peningkatan hasil belajar. Pada tahap pra tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi bermain sepakbola adalah sebesar 65,00, kemudian pada siklus I dimana peneliti sudah menerapkan modifikasi alat meningkat menjadi 65,63 dan pada siklus II nilai rata-rata kembali meningkat menjadi 67,83.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : Penggunaan alat yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar pada materi bermain sepakbola.

Kata Kunci :  Bermain Sepakbola, Modifikasi Alat, Hasil Belajar.

×
Penulis Utama : Suroso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4710143
Tahun : 2012
Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Sepak Bola Melalui Penggunaan Alat yang Dimodifikasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Purbalingga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4710143 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarwono, MS.
2. Pomo Warih Adi, S. Pd, M. Or.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.