Penulis Utama : Jatmiko Suryo Gumilang
NIM / NIP : K8410031
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) makna upacara sedekah gunung (2) peran yang dilakukan tokoh adat dalam upacara sedekah gunung (3) strategi tokoh adat dalam melestarikan upacara sedekah gunung. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Lencoh Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, dengan alasan sampai saat ini masih mempertahankan dan melestarikan upacara sedekah gunung.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara dengan sumber data utama yaitu tokoh adat, kepala desa, ketua Rt.06 dan warga desa. Sedangkan data lainnya bersumber dari observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis menggunakan model analisis data interaktif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) upacara sedekah gunung sebagai adat tradisi warga Lencoh secara turun-temurun, upacara sedekah gunung dianggap sebagai kewajiban bagi semua warga Lencoh dan upacara sedekah gunung sebagai sarana meminta keselamatan kepada Tuhan. (2) peran tokoh adat sebagai seksi kerersmian  dan  pembaca  ujub  kidungan  yang belum  pernah  tergantikan  dan merupakan  peran  sentral  dalam  upacara  sedekah gunung. (3) strategi tokoh adat dalam melestarikan upacara sedekah gunung adalah sosialisasi yang terus-menerus sehingga menjadi kebiasaan, iuran warga yang ditarik per-KK dan pergantian panitia penyelenggara.

Simpulan penelitian ini adalah tokoh adat berperan sentral dalam upacara sedekah gunung. Tokoh adat sebagai agen yang memilki kekuasaan dengan rutinitas ritual   upacara sedekah gunung yang sudah melekat erat dalam masyarakat.

×
Penulis Utama : Jatmiko Suryo Gumilang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8410031
Tahun : 2014
Judul : Eksistensi Tokoh Adat dalam Upacara Sedekah Gunung Merapi Di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi - K8410031 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. HM. Haryono, M.Si
2. Atik Catur Budiati S.Sos, M.A
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.