Penulis Utama : Tukimin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711253
Tahun : 2012
Judul : Upaya Meningkatkan Basil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Dengan Media Bermain Lompat Tali Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Parakancanggah Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan - X4711253 - 2012
Subyek : LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE, BERMAIN LOMPAT TALI, HASIL BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  penerapan  media bermain  lompat tali dalam meningkatkan  hasil belajar  lompat  tinggi gaya straddle  pada  siswa kelas IV SD Negeri 3 Parakancanggah, Kecamatan Banjamegara, Kabupaten Banjamegara, tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian  ini menggunakan  metode penelitian  tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian  ini adalah siswa kelas  IV SD Negeri  3 Parakancanggah,  Kecamatan Banjamegara,  Kabupaten  Banjamegara,  tahun pelajaran 2011/2012,  yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 22 siswa  putra dan 16 siswa putri. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja, pengamatan, dan angket untuk mendapatkan data kuantitatif, sedangkan guru berupa hasil observasi dari kolaborator untuk mendapatkan data kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan  data kuantitatif dari studi awal, siklus I, dan siklus II dengan persentase ketuntasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media bermain lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas N SD Negeri  3 Parakancanggah,  Kecamatan  Banjamegara,  Kabupaten  Banjamegara, tahun  pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari basil belajar 38 siswa pada kondisi awal (pratindakan) hanya 15 anak (39,47%), pada siklus I meningkat menjadi 28 siswa (73,68%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 32  siswa  (84,21%). Penggunaan  pendekatan/media pembelajaran bermain  lompat tali  berdampak  pada proses pembelajaran siswa,  yakni siswa menjadi atraktif dan cenderung  lebih  aktif, disiplin, tekun, teliti, dan tanggung jawab.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa dengan media bermain lompat tali dapat meningkatkan basil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas   N SD Negeri 3 Parakancanggah, Kecamatan Banjamegara, Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2011/2012.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or
2. Drs. H. Wahyu Sulistyo, M.Kes
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP