Penulis Utama : Samrawi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4609029
Tahun : 2011
Judul : Studi Tentang Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes di SD Se - Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri Tahun 2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan - X4609029- 2011
Subyek : STUDI KENDALA, WONOGIRI, ASPEK ASPEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian adalah Mengetahui penyebab  Pembelajaran Penjasorkes di SD Se - Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri Tahun 2011 belum berjalan secara maksimal yang dilihat dari aspek kondisi jasmani,  aspek motivasi,  aspek sikap, aspek minat, aspek kinerja guru saat mengajar dan kelengkapan pembelajaran.
Penelitian  ini menggunakan  metode Studi Kasus. Populasi adalah seluruh guru SD Se - Kecamatan  Pracimantoro  tahun ajaran 2011  dan siswa SD kelas V dengan  menggunakan  untuk siswa sampel Purposif yang ditarik dengan  sengaja (non random) karena alasan - alasan di ketahui dengan alasan karena dimungkinkan yang bisa memahami pertanyaan - pertanyaan yang di maksud.
Data penelitian   berupa aspek - aspek yang mempengaruhi  proses pelajar penjasorkes yang meliputi Kondisi jasmani, Motivasi, Sikap, Minat, Kinerja guru saat mengajar dan Kelengkapan pembelajaran yang diperoleh dengan angket, wawancara   dan observasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase  atau  frekuensi  relatif yang  kemudian data yang di peroleh nantinya diolah sesuai dengan tujuan dan pertanyaan penelitian dengan memperhatikan aspek - aspek dalam angket yang meliputi: mengecek kelengkapan data (verifikasi data), mentabulasikan masing - masing item ke dalam aspek, menghitung persentase jawaban.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ( 1)  Dari aspek kondisi jasmani  masih  adanya guru yang tidak memperhatikan kondisi kebugaran  tubuh serta  masih  adanya siswa yang memiliki kondisi yang kurang baik sehabis melakukan pembelajaran  penjasorkes. (2) Dari aspek motivasi masih rendahnya kesenangan siswa terhadap  materi  pendidikan jasmani  terutama  pada  aktivitas senam. (3) Dari aspek  sikap secara keseluruhan siswa disiplin dalam mengikuti pelajaran akan tetapi masih ada  beberapa  siswa  yang  tidak  mentaati  peraturan dalam  pembelajaran penjasorkes. (4) Dari aspek  minat  masih  banyak  siswa  yang kurang   antusias   dalam   mengikuti   materi   dalam   penjasorkes  terutama  dalam aktivitas  pengembangan dan  aktivitas  senam.  (5)  Dari  aspek  kinerja guru dalam mengajar yaitu dalam pembelajaran guru masih sering membentak dalam pembelajaran sehingga  mempengaruhi siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. (6) Dari aspek  sarana  dan prasarana  yaitu  secara  keseluruhan semua sarana  dan prasarana masih  sangat  kurang  mencukupi untuk pembelajara, dimana aspek kondisi jasmani dari guru 62,9% bugar, dan dari siswa  70,8%  bugar,  aspek motivasi dari  siswa  dalam  materi  aktivitas  pengembangan 66,8%,  permainan dan olahraga  62,3%  dan aktivitas  senam  41,6%  kemudian, aspek  sikap  83,1%,  siswa disiplin  dalam  mengikuti pelajaran,  aspek minat  dari  siswa dalam  materi  aktivitas pengembangan 62%, aktivitas  permainan  dan olahraga 79,2?n aktivitas senam 59,8%  sedangkan dalam  aspek  kinerja guru saat mengajar persiapan guru 76,2% selalu  mempersiapkan materi, perhatian 88,3% selalu perhatian terhadap siswa, menarik, 78,4% dimata siswa guru menarik,  kemudian aspek kelengkapan pembelajaran dari aktivitas pengembangan 35,8%, aktivitas permainan dan olahraga 36,5%, dan aktivitas senam 24,5%  kelengkapan sangat mencukupi. Secara keseluruhan terdapat kendala dalam pembelajaran penjasorkes.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Heru Suranto, M. Pd
2. Djoko Nugroho, S.Pd, M.Or
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP