Penulis Utama : Airlangga Putra Aridharma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0416008
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Aliran Air Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Hasil Las Bawah Air Bergaram Bead On Plate pada Baja A36
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik, Jur. Teknik Mesin - I0416008 - 2021
Subyek : PENGELASAN BAWAH AIR BASAH, SMAW, BEAD ON PLATE, ALIRAN NON- UNIFORM, WELD REINFORCEMENT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam  dunia  teknologi  kelautan,  seperti  kapal  dan  sistem  perpipaan  di bawah  laut,  pada  pengoperasiannya  berpotensi  mengalami  kerusakan.  Hal  itu seringkali memerlukan perbaikan yang harus dilakukan di dalam air, salah satunya dengan  metode  pengelasan  bawah  air.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh jenis aliran air terhadap sifat fisik dan mekanik hasil las bawah air basah bergaram dengan metode bead on plate.
Material yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah  baja A36.  Pengelasan bawah air basah dilakukan di dalam air laut dengan metode SMAW menggunakan elektroda E7018. Kecepatan aliran air yang digunakan dalam simulasi sebesar 0,6 m/s dengan kedalaman 0,5 m dari permukaan air kolam. Travel speed sebesar 0,4 cm/s.  Pengelasan bawah air  yang dilakukan dalam simulasi ini menggunakan  tiga jenis aliran (tanpa aliran, aliran non-uniform dengan sekat, dan aliran non-uniform tanpa sekat). Pengujian yang dilakukan pada benda uji yaitu uji makro, uji mikro, uji keras, uji tarik, uji impak, dan uji tekuk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa  aliran dan peningkatan laju aliran pada pengelasan bawah air basah bergaram menyebabkan timbul cacat porositas  yang semakin besar dan banyak. Penetrasi paling dalam terdapat pada spesimen dengan aliran non-uniform  dengan  sekat.  Karena  droplet  las  yang  terkumpul membuat energi panas terpusat. Struktur mikro di logam las seperti   aciccular ferrite  dan ferrite with  second  phase  meningkat seiring dengan ketidakseragaman aliran air. Selain  itu,  nilai  sifat  mekanik  pada  spesimen  relatif  meningkat  seiring  dengan kenaikan laju dan ketidakragaman  aliran  air.


Kata kunci: Pengelasan bawah air basah,  SMAW, Bead on Plate, Aliran Non- uniform, weld reinforcement

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Triyono, S.T., M.T.
2. Dr. Nurul Muhayat, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik