Penulis Utama : Yelly Fiolita
NIM / NIP : K7110576
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prosedur penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik team quiz dalam meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD N 3  Gunungmujil Tahun Ajaran 2013/2014, (2) meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD N 3 Gunungmujil Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penggunaan model pembelajaran teknik team quiz.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas {PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 3 Gunungmujil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Sumber data berasal dari siswa, peneliti, guru, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah teknik team quiz yang dapat meningkatkan pembelajaran IPS yaitu: (a) guru membagi topik menjadi tiga bagian, (b) Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok, (c) guru menyampaikan format dan materi pembelajaran sekitar 10 menit, (d) guru membimbing siswa kelompok A membuat pertanyaan dan kelompok B serta C belajar, (e) guru memandu kuis pelemparan pertanyaan kelompok A kepada kelompok B dan C, (f) guru memandu kuis pelemparan pertanyaan kelompok A kepada kelompok C dan B, (g) guru melanjutkan materi bagian kedua dan kelompok B menjadi kelompok pembuat pertanyaan, (h) guru melanjutkan materi bagian ketiga dan kelompok C menjadi kelompok pembuat pertanyaan, (i) guru dan siswa menyimpulkan bersama. (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik team quiz dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD N  3   Gunungmujil  Tahun  Ajaran  2013/2014,  dengan  hasil  pada  siklus  I, penilaian proses mencapai 68,25 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar 89,7%. Pada siklus II, penilaian proses mencapai 80% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 92,11%. Pada siklus III, penilain proses mencapai 88,25% dan ketuntasan belajar siswa 97,3 7%.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran teknik team quiz dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD N 3 Gunungmujil Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari tindakan siklus I, Siklus II, dan siklus III.

Kata kunci: TEKNIK TEAM QUIZ, PEMBELAJARAN, IPS

 

×
Penulis Utama : Yelly Fiolita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7110576
Tahun : 2014
Judul : Penggunaan Model Kooperatif Teknik Team Quiz Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD N 3 Gunungmujil Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7110576 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warsiti,S.Pd, M.Pd
2. Drs. Harun Setyo Budi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.