Penulis Utama : Nur Ngafifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7110551
Tahun : 2014
Judul : Penggunaan Model Open Ended Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kebulusan Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7110551 - 2014
Subyek : OPEN ENDED LEARNING, PEMBELAJARAN, MATEMATIKA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Open Ended Learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV, (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat menggunakan Open Ended Learning siswa kelas IV, (3) mengidentifikasi kendala dan solusi penggunaan model Open Ended Learning pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebulusan tahun ajaran 2013/2014.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebulusan yang berjumlah 26 siswa. Sumber data berasal dari observer, guru, siswa, dan dokumen. Alat pengumpul data yang  digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif komparatif dan analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Prosedur penelitian ini adalah model siklus menurut Arikunto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Open Ended Learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV dilaksanakan dengan langkah: orientasi, penyajian masalah, pengerjaan masalah secara individu, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, dan penutup. 2) Open Ended Learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV terbukti dari persentase siswa yang mencapai KKM (70) pada siklus I  67,5%, siklus II 91,1%, dan siklus III
100%. 3) Kendala dalam penggunaan Open Ended Learning untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV antara lain: a) guru kurang dalam membimbing siswa, b) sebagian siswa bermain-main sendiri, c) media pembelajaran kurang sesuai dengan karakter siswa. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut antara lain: a) guru memberi perhatian lebih supaya mudah dalam membimbing siswa, b) guru memberi penguatan  dan peringatan kepada siswa yang bermain sendiri, c) mengganti media pembelajaran garis bilangan dengan stik bilangan bulat supaya siswa lebih paham dengan materi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Open Ended Learning yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebulusan tahun ajaran 2013/2014.

Kata kunci: Open Ended Learning, pembelajaran, Matematika

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Setyo Budi, M.Pd
2. Warsiti, S. Pd, M. Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP