Penulis Utama : Suharto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711538
Tahun : 2013
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI SD 9 Tanjungrejo Tahun Ajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4711538 - 2013
Subyek : HASIL BELAJAR, TOLAK PELURU, MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VI SD Negeri 9 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 9 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 9 siswa putra dan 7 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes pengukuran dan observasi pada proses kegiatan pembelajaran tolak peluru dengan mengunakan alat bantu pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Dari berbagai metode yang dilaksanakan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa metode penelitian dalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran bola platik dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 9 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Dari analisis yang diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar tolak peluru dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa, dari kondisi awal, siklus I hingga siklus II. Nilai rata-rata tolak peluru pada kondisi awal (66.00), sikus I (69.00) dan siklus II  (88.00), sehingga peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar (22.00). Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal (59%,), siklus I (690/o) dan siklus II (93%), sehingga peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar (34%). Data dalam penelitian ini dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK dianalisa secara diskriptif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Simpulan penelitian ini, bahwa upaya peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui penggunaan alat bantu pembelajaran bola plastik pada siswa kelas VI SD Negeri 9 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/ 2013.  Penelitian ini memberi gambaran yang jelas bahwa keberhasilan proses pembelajaran tergantung beberapa faktor. Faktor tersebut bisa dari guru, siswa serta sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah.

Kata kunci: HASIL BELAJAR, TOLAK PELURU, MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN.

 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanto, M.Pd.
2. Slamet Widodo, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP