Penulis Utama : Erna Agustina
NIM / NIP : K3309035
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan: (l) aktivitas belajar siswa,  dan (2) prestasi belajar siswa pada pokok hidrokarbon kelas XC SMA negeri l Gubug melalui metode pembelajaran Jigsaw berbantuan handout.
Penelitian  ini merupakan  penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  metode pembelajaran Jigsaw berbantuan  handout dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa dari 68,88% pada siklus I menjadi 76,99% pada siklus II, (2) prestasi belajar siswa pada aspek kognitif ketuntasan siswa dari 27,78% pada siklus I menjadi 77,78% pada siklus II dan pada aspek afektif dari 68,92% pada siklus I menjadi 77,56% pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Jigsaw berbantuan handout dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa, dan (2) prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas XC SMA Negeri 1 Gubug

Kata  kunci: penelitian tindakan kelas, Jigsaw, handout, aktivitas belajar, prestasi belajar 

×
Penulis Utama : Erna Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3309035
Tahun : 2013
Judul : Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - K3309035 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nugroho C.S, S.Pd., M.Sc
2. Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.