Penulis Utama : Nurhayati Prasetyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7107053
Tahun : 2011
Judul : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dengan Menggunakan Media Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas 4 SD Jurangjero IV Sragen Tahun Ajaran 2010-2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - X7107053- 2011
Subyek : KOOPERATIF, MEDIA, SRAGEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan lingkungan melalui Model kooperatif tipe berkirim salam dan soal  dengan media lingkungan alam sekitar siswa   kelaS 4 SD Jurangjero IV tahun ajaran 2010/2011.
Bentuk  penelitian  ini  adalah penelitian  tindakan  kelas  yang terdiri  dari dua  siklus, tiap  siklus terdiri  dari  empat tahapan  yaitu, perencanaan,  tindakan  , observasi, refleksi. Sebagai subjek penelitian  adalah siswa kelas 4 SD Jurangjero IV  tahun  ajaran  2010/2011. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan dokumentasi,  observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis menggunakan  teknik analisis  interaktif yang  terdiri  dari  tiga komponen  analisis  yaitu  reduksi  data  , penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa  hasil belajar IP A tentang   perubahan   lingkungan   melalui   model   pembelajaran   kooperatif  tipe berkirim salam dan soal dengan media lingkungan  alam sekitar siswa kelas 4 SD Jurangjero IV tahun ajaran 2010/2011  meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan data• data sebagai berikut: pada pra tindakan hanya 26.7% siswa yang mendapat nilai 2:65, pada siklus I 73,3% siswa telah mendapat nilai 2: 65 dan pada siklus II 100% siswa telah mendapat nilai 2: 65. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan  model pembelajaran kooperatif tipe berkirim  salam dan soal dengan media  lingkungan alam  sekitar  sangat  berguna  untuk  membantu  meningkatkan prestasi   belajar   IPA.Berdasarkan hal tersebut,para guru dianjurkan untuk mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim  salam dan soal dalam penyampaian materi perubahan lingkungan.
Berdasarkan  simpulan  yang  dibuat,  dapat  diajukan  suatu  rekomendasi melalui  model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan media lingkungan   alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IP A tentang perubahan lingkungan   kelas 4 SD Jurangjero IV tahun ajaran 20I0/2011.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Samidi, M. Pd.
2. Drs. Amir, M. Pd.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP