Penulis Utama : Bimo Yoga Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115021
Tahun : 2021
Judul : Kajian Serapan dan Penetrasi pada Beton Ringan Memadat Mandiri Menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng dengan Variasi Kadar Viscocrete
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik, Jur. Teknik Sipil - I0115021 - 2021
Subyek : AGREGAT RINGAN, BETON RINGAN MEMADAT MANDIRI, VISCOCRETE, SERAPAN, PENETRASI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Teknologi beton selalu mengalami perkembangan yang lebih dinamis, salah satunya adalah beton  ringan  memadat  mandiri  (Light-weight  Self  Compacting Concrete). Beton ini terbuat dari agregat ringan yang mampu memadat mandiri tanpa bantuan alat penggetar (vibrator). Agregat ringan alami yaitu agregat yang diperoleh dari bahan-bahan alami seperti batu apung, skoria, atau tufa dan agregat buatan adalah agregat yang dibuat melalui proses pemanasan bahan-bahan seperti tanah liat, abu terang, abu sabak, dan batu lempung. Untuk meningkatkan workability pada beton ringan maka digunakan penambahan admixture viscocrete sehingga diharapkan beton segar mudah mengalir dan melakukan pemadatan mandiri.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di laboratorium dengan 12 buah benda uji serapan air dan 12 buah benda uji penetrasi. Benda uji tersebut adalah beton ringan memadat mandiri menggunakan agregat kasar pecahan genteng dengan variasi kadar viscocrete 1,5% ; 1,75% ; 2% ; dan 2,25?ri berat semen. Setiap variasi tersebut terdiri dari tiga buah benda uji. Benda uji berupa silinder beton dengan diameter 7,5 cm dan tinggi 15 cm. Serapan dan penetrasi beton diuji pada umur 28 hari.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan bahan tambah viscocrete dengan variasi kadar 1,5% ; 1,75% ; 2% ; dan 2,25% pada beton ringan memadat mandiri menggunakan agregat kasar pecahan genteng memenuhi syarat untuk beton kedap air normal dengan nilai serapan 0,05% - 0,28% untuk perendaman 10+0,5 menit yang memenuhi syarat maksimum sebesar 2,5%, nilai serapan 0,67% - 4,36% untuk perendaman 1x24 jam yang memenuhi syarat maksimum sebesar 6,5%. Dan juga memenuhi syarat untuk beton kedap air agresif kuat dengan kedalaman penetrasi 12 mm – 19 mm yang memenuhi batas maksimum agresif kuat sebesar 30 mm.

Kata Kunci: Agregat Ringan, Beton Ringan Memadat Mandiri, Viscocrete, Serapan, Penetrasi.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. A. Mediyanto, M.T.
2. Ir. Endang Rismunarsi M.T.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Teknik