Penulis Utama : Muh. Mu’adz Albara Arhar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116075
Tahun : 2021
Judul : Penggunaan Sistem Fixed Time Controller dan Semi Actuated Controller pada Permodelan Simpang Exit Toll Klodran dengan Program Simulasi PTV VISSIM
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik, Jur. Teknik Sipil - I0116075 - 2021
Subyek : PTV VISSIM, SEMI ACTUATED CONTROLLER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Di Indonesia pembangunan infrastruktur sedang gencar – gencarnya terutama pada pembangunan jalan tol. Untuk itu dalam pembangunan jalan tol harus memikirkan aksesibilitas jalan tol tersebut dari dan menuju jalan umum. Manajemen lalu lintas adalah cara yang bagus dalam mengatasi masalah, contohnya dengan mengoptimalkan lampu lalu lintas. Studi kasus pada penelitian ini belokasi di simpang bersinyal exit toll Klodran. Untuk memodelkan lalu lintas digunakan program simulasi PTV VISSIM.  Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  kinerja simpang yaitu Simpang exit toll Klodran menggunakan program simulasi PTV VISSIM dengan skenario yang dibuat, dengan membandingkan hasil panjang antrian, tundaan, waktu tempuh dari hasil analisis menggunakan PTV VISSIM dengan data lapangan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskirptif, analitik, dan kuantitatif dengan program simulasi PTV VISSIM. Agar mendapat hasil yang sesuai dengan kondisi lapangan perlu dilakukan kalibrasi dan validasi Pada kalibrasi variabel yang diperhitungkan adalah hasil traffic counting volume arus lalu lintas dan di uji dengan metode Geoffrey E. Havers (GEH). Pada validasi variabel yang diperhitungkan adalah hasil pengukuran panjang antrian di lapangan dan diuji dengan metode T test serta waktu tempuh yang diuji dengan uji kesesuaian (goodnes of fit).
Hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keefektifan kinerja terjadi pada Kondisi Model Eksisting fase normal dengan pengurangan volume kaki utara menggunakan sistem semi actuated controller simpang exit toll Klodran. Namun pada penggunaan sistem semi actuated controller efektif bila volume dari jalan minor sidikit atau tidak ada kendaraan dalam satu siklus, jadi sistem ini sangat tergantung dengan volume lalu lintas.

Kata Kunci: PTV VISSIM, semi actuated controller

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Yulianto, S.T., M.Sc., Ph.D
2. Setiono, S.T., M.Sc.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Teknik